Home / Bisnis / Parahu Ketek Nelayan Sungai Musi Pakai BBG

Parahu Ketek Nelayan Sungai Musi Pakai BBG

Palembang, BP
Sebanyak 90 Nelayan Sungai Musi yang mata pencahariannya mengandalkan perahu ketek untuk mencari ikan, kini sudah memakai perahu berbahan bakar gas.
Nelayan mendapatkan paket konverter kit yang berisi alat converter BBM ke LPG, mesin penggerak, baling-baling, 2 (dua) buah tabung LPG 3 kg dan aksesoris pendukung lainnya.
“Alhamdulillah kami bersyukur nian, pacak dapet mesin baru sudah samo LPG 3 kgnyo jugo (Alhamdulillah kami bersyukur sekali, bisa mendapatkan mesin baru sudah sama LPG 3kg nya juga),” kata Bambang Mansur (46).
Bambang menuturkan, setiap 2 hari, ia membeli BBM jenis Premium atau Pertalite untuk kebutuhan bahan bakar perahunya.  “Biasanya beli Premium atau Pertalite sekitar 1.5 liter pacak abis 2 hari, insyaAllah kalo lah pake gas ongkos kami turun ke sungi pacak jauh lebih hemat lagi,” katanya.
Satu tabung gas LPG 3 kg setara dengan 8 liter BBM.  Pemakaian LPG 3 kg juga menjadi jauh lebih hemat, karena 1 tabung bisa dipakai untuk 3 sampai 4 hari, dengan harga eceran tertinggi (HET) gas di kota Palembang Rp 15.650.  Melalui program konversi ini, nelayan dapat melakukan penghematan biaya operasional mencapai 40% hingga 60%.
Tidak hanya itu keunggulan program konversi BBM ke LPG ini, Bambang mengakui tenaga perahunya menjadi lebih tangguh serta pengurangan emisi gas karbon monoksida terlihat signifikan.  “Perahu jadi lebih cepet lajunyo samo gas buang idak teraso cak sebelumnyo (Perahu menjadi lebih cepat lajunya sama gas buang tidak terasa seperti sebelumnya),” kata Bambang.
Pendistribusian paket Perdana konverter kit BBM ke LPG ini menjadi salah satu solusi penyediaan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan, karena diakui dapat mengurangi emisi gas karbon yang dapat menyebabkan polusi udara dan juga air sungai.
Kemarin, para nelayan ini dibekali terlebih dahulu dengan cara mengoperasikan mesin converter serta penggunaan aman LPG 3 kg, serta disampaikan juga tempat pembelian tabung gas resmi di pangkalan terdekat tempat tinggal mereka.  Ini guna memudahkan para nelayan untuk membeli tabung gas jika habis.
Melaui program alih bahan bakar ini, Pertamina tentunya berharap para nelayan dapat memanfaatkan semaksimal mungkin paket yang sudah diberikan melalui program bantuan dari Pemerintah melalui Kementerian ESDM dan Pertamina.
“Kami tentunya senang sekali jika para nelayan merasakan betul manfaat dari program ini, sehingga penggunaan LPG 3 kg juga menjadi lebih tepat sasaran,” jelas Pjs. Region Manager Communication & CSR Pertamina Sumbagsel Taufikurachman. #ren
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Mandiri Karnaval 2018 Berlangsung Meriah

Palembang, BP Dalam rangka kegiatan kebersamaan, Bank Mandiri Regional II/Sumatera 2 mengadakan event Mandiri Karnaval 2018 dengan tema “GLOW_RA November ...