Home / Headline / Tatib DPRD Sumsel Makin Jelas

Tatib DPRD Sumsel Makin Jelas

BP/IST
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Elianuddin HB

Palembang, BP

 

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Elianuddin HB menilai fungsi komisi, fungsi alat-alat dewan, Banmus dan Banggar sudah tegas sekarang, tidak seperti selama ini ada merasa superior ada yang merasa inferior.

“Peranan banggar selama ini dengan komisi  yang selama ini komisi hanya menerima jadinya tidak tahu menahu prosesnya ,  sekarang tidak bisa lagi harus ada konsultasi dengan Komisi , “ katanya, Selasa (16/10).

Baca:  DPW PSI Sumsel Seleksi Bacaleg

        Selain itu masalah badan musyawarah yang hanya sebagai  pelengkap penderita sekarang tidak ada lagi.

“ Sekarang sudah tegas sekarang,” katanya.

        Hal ini terkait pembahasan bersama antara pihak eksekutif dan legislatif sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing yang kian jelas.

“ Dulu tidak jelas, komisi tidak ada fungsi sebagai komisi ,” katanya.osk

Ketua Pansus Badan Pembentukan Perda DPRD Sumsel, H Fahlevi Maizano SH MH usai menyampaikan hasil kerja pansus di Rapat Paripurna,  Senin (15/10) mengatakan dari hasil kajian disepakati bahwasanya tata tertib ini bisa disahkan paling lambat tanggal 16 Oktober ini. Sedangkan untuk RPJMD sudah bisa diajukan paling lambat 45 hari setelah Gubernur Sumsel, H Herman Deru dilantik.

Baca:  Harga Daging Sapi Dan Ayam Mulai Naik

Karena itu, nantinya dalam RPJMD ini akan membahas terkait program kerja dan visi misi dari gubernur khususnya terkait janji kampanye yang lalu. Jadi, dirinya juga minta agar pengajuannya bisa diterima paling lambat 10 hari usai diajukan dapat diterima oleh Ketua DPRD Sumsel.

“Selain itu, kita seluruh anggota pansus menyetujui perubahan Tatib DPRD SUmsel. Ini termasuk juga bila terdapat pengurangan ataupun penambahan pasal serta ayat dalam tatib tersebut. Sedangkan untuk penyusunan tatib sendiri harus tetap berpedoman pada PP No 12 tahun 2018,” katanya.

Baca:  Ada Yang Bakar Lahan Tindak dan Proses

Jadi, dengan adanya perbaikan tatib ini, diharapkan akan mampu meningkatkan produktifitas dan kerja serta menaikkan kinerja dari seluruh anggota dewan dalam mewujudkan check and balance antara legislatif dan yudikatif. “ Harapan kita, kinerja anggota dewan akan lebih meningkat lagi,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...