Home / Headline / Tingkatkan Kualitas Lulusan di Era MEA dan Disrubtion 4.0

Tingkatkan Kualitas Lulusan di Era MEA dan Disrubtion 4.0 //Mulia Darma Pratama Miliki CPA Pertama di Sumsel//

(Prosesi Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Darma Pratama di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang)

Palembang, BP
Masuknya era pasar bebas Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan revolusi Industri atau lebih dikenal disrubtion 4.0 membuat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Darma Pratama Palembang terus meningkatkan kualitas lulusan melalui pendidikan yang tepat sasaran dan berkualitas.
Berangkat dari hal tersebut, Mulia Darma Pratama Palembang melakukan akselerasi terobosan dengan memiliki
Certified Public Account (CPA) Test Center yang bekerjasama dengan Institut Akuntan Republik Indonesia.
“Bahkan, CPA Test Center di STIE Mulia Darma Pratama ini merupakan satu-satunya dimiliki oleh perguruan Tinggi di seluruh wilayah Sumsel baik PTN maupun PTS,”ujar Direktur STIE Mulia Darma Prata, Drs Muhamad Helmi MS usai menggelar sidang senat terbuka dengan agenda wisuda di Ballroom Hotek Swarna Dwipa Palembang, Kamis (11/10/2018).
Lanjut dia, bahwa sebagai gambaran untuk di Indonesia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2018, terungkup bahwa posisi tenaga kerja Indonesia sendiri terdiri dari pekerja lulusan Diploma berjumlah 3,5 juta orang atau 2,75 persen dan pekerja lulusan Universitas berjumlah 11,71 juta orang atau 9,22 persen.
“Data tersebut memberikan gambaran bahwa hampir separuh tenaga kerja Indonesia berpendidikan rendah SMP, yaitu sebanyak 75,98 juta orang atau 59,80 persen dan yang berpendidikan SMA atau sederajat sebanyak 35,87 juta atau 28,23 persen.  Sementara lulusan Perguruan Tinggi, Diploma dan Universitas hanya 15,21 juta atau 11,97 persen,”jelasnya.
Sehingga menurutnya, kondisi ini menunjukkan bahwa lemahnya posisi daya saing tenaga kerja indonesia dalam pasar bebas atau era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sehingga seorang lulusan haruslah cerdas dalam menghadapi peluang dan tantangan.
“Sehingga kita ingin lulusan kita berkualitas, dan menunjang kerja mereka.  Karena hampir semua lulusan kita sudah bekerja. Apalagi kita memiliki CPA pertama di Sumsel,”jelasnya.
Sementara itu Helmi menjelaskan bahwa wisuda ke 22 kali ini, STIE Mulia Darma Pratama Palembanh mencapai 1758  untuk Akademi Keungaan dan Perbankan MDP.
“Dan hari ini kita resmi mewisuda 23 lulusan ahli madya yang semuanya ahli madya keuangan perbankan, 82 sarjana ekonomi manajemen dan 27 lukusan sarjana ekonomi akuntansi,”pungkasnya. Osug
 .
Baca:  Masyarakat Kota Palembang Harus Ramah Dengan Tamu Asian Games 2018
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gubernur Minta Tim Pembela Jokowi Deteksi Hoax Sejak Dini

Palembang, BP Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta Tim Pembela Jokowi (TPJ)  mendekteksi hoax yang ingin menjatuhkan Presiden Joko ...