Home / Headline / Palembang Pegang Peranan Penting Pertahanan Indonesia

Palembang Pegang Peranan Penting Pertahanan Indonesia

 

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana menggelar pertemuan di Lanud SMH Palembang, Kamis (11/10).

 

Palembang, BP

Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Sri Mulyono  Herlambang (SMH) Palembang, Kolonel Pnb Heri Sutrisno SIP Msi memastikan kalau Palembang memegang peranan penting  dalam sistim pertahanan  Indonesia dalam rangka mendukung  keamanan saat ini sehingga tugas pokok Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Sri Mulyono Herlambang di Palembang mendukung operasi dalam rangka menegakkan keutuhan wilayah itu terutama operasi penerbangan.

      Dan sampai sekarang sudah di ketahui fenomena yang terjadi di negeri luar  terutama banyaknya ancaman nyata seperti terorisme dan sebagainya.

Baca:  Kala Ak Gani Marah Dengan Pemberontakan Kolonel Simbolon

“Lalu Lanud Palembang ngapain kok ada di Palembang, sebagai contoh saat kami ke Jayapura ternyata Amerika membangun pertahanan di sana, sekarang bagaimana peran Palembang dahulu terhadap Indonesia dan kota Palembang itu sendiri, kita belum  belum ada yang detailnya,” katanya saat menggelar pertemuan di Lanud SMH Palembang, Kamis (11/10).

Turut hadir pengamat sejarah kota Palembang Rd Moh Ikhsan dan Kemas Ar Panji dan para pensiunan TNI AU.

Baca:  TNI dan Rakyat Bersatu Makin Kuat

Dia mengaku belum mengetahui peran Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Palembang  terhadap kota Palembang dimasa lalu, apakah Pangkalan ini sebagai pangkalan pendukung operasi dalam mempertahankan Palembang  dan hubungannya dengan pahlawan yang ada.

“Itu yang mau diangkat, kalau bisa pelaku-pelaku sejarah, sejarawan  di libatkan siapa, akan kita jadikan satu dalam satu buku, kalau ini menarik kita eksplore lebih dalam  dan hasilnya akan kami minimal ke lembaga pendidikan baik sesko, Sekau dan sebagainya dan angkatan udara,” katanya.

Sedangkan pengamat sejarah kota Palembang Rd Moh Ikhsan melihat arti penting lapangan terbang  Talang Betutu  disaat perjuangan dan pertempuran di Palembang dan arti penting semangat perjuangan yang harus di tularkan kepada generasi sekarang.

Baca:  Letkol Inf Djohan Darmawan Jabat Kapendam II Swj

      Sedangkan Kemas Ar Panji melihat sejarah AU di Palembang kurang diangkat dan diekspose ke publik padahal AU Palembang terutama Talang Betutu memiliki sejarah panjang yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah kota Palembang, menurutnya perlunya  dibuat sebuah buku  yang merangkum data-data sejarah Lanud Palembang  yang dimasukkan dalam sebuah buku sehingga bisa di baca semua kalangan dan dananya salah satunya bisa menggunakan CSR pihak ketiga.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gubernur Minta Tim Pembela Jokowi Deteksi Hoax Sejak Dini

Palembang, BP Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta Tim Pembela Jokowi (TPJ)  mendekteksi hoax yang ingin menjatuhkan Presiden Joko ...