Home / Bisnis / Pertamax Naik Tinggi : Pertamina Yakin Pengguna Sumsel Tak Pindah ke Pertalite

Pertamax Naik Tinggi : Pertamina Yakin Pengguna Sumsel Tak Pindah ke Pertalite

Palembang, BP

PT. Pertamina (Persero) mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU, khususnya Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO per Rabu (10/10) berlaku di seluruh Indonesia pukul 11.00 WIB.

Di Sumatera Selatan (Sumsel) harga Bahan Bakar Kendaraan (BBK) yang paling tinggi mengalami kenaikan adalah Pertamax Series. Kenaikan BBK Pertamax di Sumsel mencapai Rp900 per liter, dari harga sebelumnya per 17 Juli 2018 9.700 menjadi Rp10.600

Kenaikan juga terjadi pada harga Pertamax Turbo dari kenaikan sebelumnya 17 Juli 2018 Rp10,900 per liter saat ini menjadi Rp12,450 per liter atau naik Rp1.550 per liter. Sedangkan Dexlite dari Rp9,200 menjadi Rp 10.700. Namun dari kenaikan ini, harga Pertalite di Sumsel masih Rp8.000 per liter.

Dari dari data yang dihimpun di lapangan, saat ini harga BBK di Sumsel lebih tinggi dibandingkan Sumatera Utara dengan selisih Rp200. Sedangkan untuk harga Pertalite, harga di Sumsel juga lebih tinggi dibandingkan Riau yang mencapai Rp7.800.

Pjs. Region Manager Communication and CSR Sumbagsel PT Pertamina (Persero) Taufikurrachman mengatakan, pnyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik dimana saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus 80 dolar per barel.

Untuk penetapannya mengacu pada Permen ESDM No. 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

“Harga BBM non subsidi ini menyesuaikan harga pasar termasuk dollar, kalau kompenan penyesuaian harga turun yang pasti turun lagi. Untuk Pertamax sendiri dihadirkan karena kualitas, kami yakin masyarakat tidak akan pindah, dan kami menyerahkan kepada pasar,” tutur dia.

Dia menambahkan untuk saat ini, rata per harinya konsumsi Pertalite sebesar 3.860 KL dan Pertamax 905.7 KL, sedangkan untuk per bulan konsumsi Pertalite Rp115.819 KL, Pertamax perbulan 27.172 KL. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pasang NSP Bisa Dapat Mobil

  Palembang, BP Telkomsel menyerahkan 1 unit mobil Suzuki Ignis kepada pelanggan yang beruntung dalam Program Gebyar NSP yang berlangsung ...