Home / Headline / Gempa dan Tsunami Palu Dan Donggala, Semua Kepala Daerah Dari PDI Perjuangan Sumsel Wajib Berikan Sumbangan

Gempa dan Tsunami Palu Dan Donggala, Semua Kepala Daerah Dari PDI Perjuangan Sumsel Wajib Berikan Sumbangan

BP/DUDY OSKANDAR
Bendahara DPD PDIP Sumsel, Yudha Rinaldi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Juliuz Alev Yadi dan Korwil Muba, Uzer Effendi saat menjelaskan kepada wartawan, Selasa (2/10).

Palembang, BP

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumsel menyampaikan rasa belasungkawa kepada korban bencana Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam waktu dekat, DPD PDIP Sumsel akan mengirimkan sejumlah bantuan dana untuk membantu meringankan beban masyarakat Palu dan Donggala yang menjadi korban bencana alam tersebut.

Bendahara DPD PDIP Sumsel, Yudha Rinaldi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Juliuz Alev Yadi dan Korwil Muba, Uzer Effendi mengatakan, pihaknya sudah rapat dan menginstruksikan kepada seluruh anggota Fraksi PDIP sejumlah 103 orang, dan 10 kepala daerah wajib untuk memberi bantuan secara gotong royong. Bantuan ini tunggu sesegera mungkin dan yang ada sekarang akan langsung dikirim.

Baca:  Timsel Ajak Masyarakat Nilai Rekam Jejak Calon KPU Sumsel

“Pertama kami sampaikan rasa belasungkawa untuk seluruh korban yang terkena bencana di Sulteng. Kita akan mengirimkan bantuan dana kepada DPD PDIP Sulsel untuk didistribusikan ke masyarakat Palu dan Donggala,” ujar Yudha kepada wartawan, Selasa (2/10) siang.

Yudha mengatakan, karena ini diinstruksikan khusus untuk PDIP. Instruksi dari pusat ini sudah ada sejak beberapa saat pascabencana tersebut terjadi.

“Kalau untuk masyarakat kan kami yakin, sudah ada saluran-saluran masing-masing. Mengapa bantuan berupa uang tunai, karena kita belum tahu apa kebutuhan yang dibutuhkan korban bencana. Ini yang terus dikoordinasikan oleh pengurus di Palu,” tuturnya, seraya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mempolitisasi bencana ini.

Baca:  PDIP Sumsel Terima Surat Pengunduran Diri ESP

Menurutnya, memang terdapat kesulitan dalam penyaluran bantuan ke lokasi bencana akibat akses darat yang terputus dan jalur udara pun masih lumpuh. Oleh karena itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) untuk membantu proses evakuasi.

“Bantuan tunai yang akan kami berikan ini berasal dari sumbangan dari 103 anggota fraksi PDI Perjuangan Sumsel dan 10 Kepala Daerah dari fraksi PDI Perjuangan Sumsel. Sesuai instruksi partai, setiap anggota fraksi diwajibkan menyumbang minimal Rp 2 Juta sedangkan untuk kepala daerah minimal Rp 5 Juta. Yah kalau mau lebih juga boleh,” jelas Yudha.

Masih kata dia, bantuan yang sudah terkumpul akan segera disalurkan kepada DPD PDIP Sulawesi Tengah.

“Mereka yang lebih tahu apa saja kebutuhan yang diperlukan, Baguna juga sudah siaga membuat dapur umum masak untuk 5000 orang selama 10 hari kedepan,” katanya.

Baca:  APBD Palembang Ditarget Naik Rp 500 Miliar

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mempolitisasi apapun terkait bencana alam tersebut. Karena bagaimanapun kejadian tersebut bukan keinginan siapapun.

“Jangan dibawa-bawa ke politik, masyarakat harus berlomba-lomba bantu masyarakat disitu,” katanya.

Dia juga meminta agar para caleg kabupaten/kota dan Provinsi Sumsel untuk fokus meraih suara sebanyak-banyaknya.

“Kita minta fokus masing-masing caleg sebanyak-banyaknyo dapat suaro, bukan saling sikut. Garapnyo berbagi ado yang di sano ado yang di sini,” katanya.

Yudha menjelaskan sebanyak 725 caleg bakal mengikuti pembekalan yang akan berlangsung 18-20 Oktober 2018 di Asrama Haji.

“Yang ikut itu ada 650 caleg kabupaten/kota dan 75 provinsi. Pembekalan itu nantinya diisi dari KPU, Bawaslu, dan dari pusat.”

“Dari staf kepresidenan kerja, kerja. Kita juga mengingatkan kalau tidak tertib melaporkan dana kampanyenya, caleg nantinya bisa saja tidak dilantik,” kata mantan anggota DPRD Sumsel ini.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kembali Ke Identitas  Budaya Kota  Palembang

Palembang, BP Pemerintah kota (Pemkot) Palembang dinilai membangun kebudayaan kota Palembang tanpa dasar dan konsep,  hal ini dipertanyakan sejumlah pihak ...