Home / Headline / UPTD BPSDA WS.Sugihan Dinas PSDA Sumsel Lakukan Antisipasi Banjir Dan Kekeringan

UPTD BPSDA WS.Sugihan Dinas PSDA Sumsel Lakukan Antisipasi Banjir Dan Kekeringan

BP/IST
Kepala UPTD BPSDA WS.Sugihan Dinas PSDA Provinsi Sumsel H.Herodica ,S.Sos.,M.Si didampingi Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Suharvian Aji, ST.,MT bersama Bupati Banyuasi Askolani saat meninjau wilayah di Banyuasin beberapa waktu lalu.

Palembang, BP

UPTD BPSDA WS.Sugihan Dinas PSDA Sumsel akan Lakukan antisipasi Penanggulangan Banjir Dan Kekeringan diwilayah kerjanya Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Palembang dan sebagian wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, BP

Air sangat dibutuhkan manusia untuk keperluan hidupnya. Dengan cepatnya Pertumbuhan penduduk dan pembangunan diberbagai bidang mendorong peningkatan terhadap kebutuhan air, sedangkan ketersediaanya relatif tetap. Secara umum kebutuhan untuk aktivitas sehari-hari dapat dipenuhi dari air.

Baca:  Surat Suara Belum Siap, Dicetak di Bogor, Libatkan TNI-Polri Distribusi Logistik

Akibatnya pada saat musim kemarau air permukaan tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan manusia dan sedangkan saat musim hujan terjadi banjir .

Adapun tugas pokok dan fungsi Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (BPSDA) Wilayah Sungai Sugihan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Peraturan Gubemur Sumatera Selatan Nomor : 28 Tahun 2016, salah satunya pengendalian banjir dan penanggulan kekeringan di wilayah kerja UPTD BPSDA WS.Sugihan.

Menurut, Kepala UPTD BPSDA WS.Sugihan Dinas PSDA Provinsi Sumsel H.Herodica ,S.Sos.,M.Si didampingi Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Suharvian Aji, ST.,MT mengatakan, pihaknya bersama staf juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan pihak terkait untuk meninjau daerah yang sering mengalami banjir dan kekeringan diwilayah kerjanya.

Baca:  Anggaran Pertanian di Sumsel Rp 1,3 Triliun

“Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu kabupaten yang menjadi daerah kewenangan UPTD BPSDA WS.Sugihan Dinas PSDA Provinsi Sumatera Selatan.,” katanya,Senin (1/10).

Menurutnya, daerah-daerah yang menjadi rencana kegiatan tahun anggaran 2019 di Kabupaten Banyuasin antara lain daerah sekitar perkantoran Bupati Banyuasin, Kecamatan Talang Kelapa dan Kec.Pulau Rimau ada beberapa titik.

“Kalau kekeringan kita akan membuat sumur bor, dan untuk mengantisipasi kebanjiran kita akan membuat kolam retensi, yang terletak di desa pangkalan benteng Kecamatan Talang Kelapa sedangkan sumur bor dan beberapa titik di kecamatan Talang Kelapa, Kecamatan Banyuasin III, Pangkalan Balai, Pulau Rimau, Sungai Lilin, Bayung Lencir (Muba), kita lebih fokuskan ke pondok-pondok pesantren, karena setelah kita pelajari pondok-pondok pesantren banyak sekali membutuhkan air, dan insya Allah tahun ini mulai jalan, ada dua titik di kec. Pedamaran Kab. Ogan Komering Ilir dan Banyuasin atau Palembang katanya.

Baca:  TPU Puncak Sekuning Miliki Berbagai Tipe Nisan Dari Melayu , Jawa Hingga Demak Troloyo

Tahun depan pihaknya akan melibatkan dinas dan instansi terkait seperti dinas pertambangan untuk pembuatan sumur bor.

“Kolam retensi penyanggah banjir kota Palembang kita rencanakan akan di Desa Pangkalan Benteng, Kab.Banyuasin, perbatasan Kota Palembang.,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Mantan Hakim MK Sebut Narasi Bambang Widjojanto Berbahaya Sekali

Jakarta, BP–Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Maruarar Siahaan ikut mengomentari pernyataan Tim Hukum Capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW), mengenai ...