Home / Headline / Mantan Asisten I Pemprov Sumsel, Ikhwanuddin Telah Bebas

Mantan Asisten I Pemprov Sumsel, Ikhwanuddin Telah Bebas

BP/DUDY OSKANFDAR
Mantan Asisten 1 Setda Pemprov
Sumsel H Ikhwanuddin SSos MSi.

Palembang, BP

Mantan Asisten 1 Setda Pemprov Sumsel H Ikhwanuddin SSos MSi yang selama ini menjalani hukuman di Rutan Klas 1 Pakjo Palembang,kini telah bebas , sejak Jumat 14 September 2018 lalu dan telah kembali ke kediamannya di Komplek Pakjo Indah Blok C No 1, Palembang.

Informasi bebasnya Ikhwanuddin, banyak tidak di ketahui masyarakat, masyarakat banyak menilai kalau Ikhwanuddin masih menjalani hukumannnya.

“Alhamdulillah saya sudah bebas. Bisa lihat dewek aku sehat dan biso kembali kumpul dengan keluargo,” kata Ikhwanuddin, Minggu (30/9).

Setelah bebas, Ikhwanuddin mengaku fokus pada pemulihan kesehatannya, olahraga dan terapi.

“Tiap hari terapi, olahraga di rumah, treadmill, jalan kaki, sambil memelihara kucing dan berkumpul bersama keluarga,” katanya.

Ditambahkan Ikhwanuddin selama menjalani hukuman, dirinya lebih banyak bersyukur dan fokus menjaga kesehatan, olahraga, shalat lima waktu.

Baca:  KIP Minta KPU Sumsel Transparan Soal Penggunaan Anggaran

“ Selama kita menjalani hukuman satu tahun lebih itu , kita nikmati dengan keikhlasan, badan semakin sehat, berjemur pagi, teathmeal,” kata pria berkacamata yang saat ini masih mengalami stroke tangan kirinya.

Seperti diketahui Ikhwanuddin menjalani masa tahanan terkait kasus dana Bansos APBD Sumsel 2013 ketika menjabat Kepala Badan Kesbangpol Sumsel ini menerima vonis Pengadilan Tipikor Palembang selama 4,6 tahun masa tahanan dan diperkuat putusan Pengadilan Tinggi.

Namun setelah kasasi, Mahkamah Agung RI membatalkan dakwaan hakim Pengadilan Tipikor Palembang yang dikuatkan dengan Pengadilan Tinggi dan hanya menjatuhkan masa tahanan 1 tahun 10 bulan (22 bulan).

Adapun putusan MA RI dengan Ketua Majelis DR Artidjo Alkostar SH LLM itu berbunyi membatalkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Tinggi Palembang Nomor 1O/PID. SUS.TPK/2017/PT. PLG. tanggal 24 Oktober 2017 yang menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Palembang Nomor 14/Pid.Sus TPK/2017/PN.PIg. tanggal 24 Agustus 2017 MENGADILI SENDIRI: 1. Menyatakan Terdakwa IKHWANUDDIN tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan Primair;

Baca:  Program SADAR Bagus Untuk Pembinaan Umat

2. Membebaskan Terdakwa tersebut dari dakwaan Primair:

3. Menyatakan Terdakwa IKHWANUDDIN. telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ‘KORUPSI SECARA BERSAMA-SAMA’:

4. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun 10 (seputuh) bulan dan pidana denda sebesar Rp 200.000.000 (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan pidana denda tsb tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan.

“ Hitungan hukuman saya ini begini 22 bulan , 2/3nya itu 14, 5 bulan dikurangi remisi tiga bulan jadi sebelas bulan setengah ,” kata Ikhwanuddin.

Baca:  Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Kota Palembang

Sedangkan Kepala Rutan Klas IA Pakjo Palembang Mardan SH MH yang coba dikonfirmasi membenarkan jika mantan Asisten 1 Setda Pemprov Sumsel ini telah dibebaskan.

“Benar Pak Ikhwanuddin sudah bebas dan itu memang sudah sesuai sesuai aturan yang kita terima. Soal tanggalnya dan lainnya silahkan tanyakan ke yang bersangkutan, saya nggak hapal,” kata Mardan.

Ikhwanuddin sendiri kini beraktivitas di rumah karena statusnya diberhentikan sementara berdasarkan Keputusan Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH No: 517/KPTS/BKD.I/2018 tentang pemberhentian sementara dari jabatan negeri yang ditandatangani tanggal 13 Februari 2018.

Dalam surat keputusan tersebut isinya memberhentikan sementara dari jabatan negeri Pegawai Negeri terhitung mulai Akhir bulan April 2017. Kepadanya diberikan pembagian gaji sebesar 50% (lima puluh penen) dari gaji pokok terakhir dan ditambah penghasilan lain yang sah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

KONI Evaluasi Anggaran Cabor di Pembubaran Panitia Porkot

Palembang, BP Ditengah minimnya anggaran Pekan Olahraga Kota (Porkot) ke X yang berlangsung pada bulan November 2018 lalu di Bumi ...