Home / Headline / Kini Warga Muba Punya Bunda Baca

Kini Warga Muba Punya Bunda Baca

Sekayu, BP–Meski perkembangan teknologi dan informasi sudah menyasar ke semua kalangan, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin tetap saja getol mengajak semua pihak khususnya kalangan pelajar di Muba untuk tidak mengesampingkan budaya membaca buku.

 

Untuk terus meningkatkan minat baca di bumi Serasan Sekate, akhirnya Bupati Muba Dodi Reza Alex mengukuhkan Bunda Baca Kabupaten Muba. Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza dinobatkan sebagai Bunda Baca.

 

“Bunda Baca inilah yang nantinya bersama seluruh masyarakat Muba secara pro-aktif mengampanyekan dan menyosialisasikan Gerakan Muba Gemar Membaca,” ujar Bupati Dodi Reza Alex di sela pengukuhan Hj Thia Yufada Dodi Reza sebagai Bunda Baca Kabupaten Muba 2018-2023, Kamis (27/9), di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba.

Baca:  Tercepat Pengesahan APBD 2018, Muba Dapat Bonus Rp26 Miliar

 

Lanjutnya, meski harus pro-aktif meningkatkan minat baca buku, tidak lantas mengesampingkan perkembangan teknologi dan informasi. “Pemkab Muba juga menargetkan di perpustakaan Muba ini akan mengimplementasikan e-library yang dibalut dengan konsep kemajuan teknologi,” imbuhnya.

 

Dodi menambahkan, hadirnya bunda baca di Muba nanti akan merangkul berbagai komunitas baca yang ada di Muba. “Setiap tahun minat baca di Muba harus meningkat, ini targetnya. Dan di setiap desa kita targetkan wajib miliki perpustakaan,” harapnya.

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba Yohannes menyebutkan saat ini tercatat ada 9 ribu judul buku yang ada di perpustakaan Pemkab Muba. “Kami akan terus gencar menambah literasi bacaan di perpustakaan yang bisa digunakan masyarakat Muba,” ulasnya.

Baca:  Dodi Janjikan Distribusi Bibit dan Pupuk Berkualitas

 

Dikatakan, dinobatkannya Hj Thia Yufada Dodi Reza sebagai bunda baca juga atas kesepakatan komunitas baca di Muba yang nantinya akan jadi mitra untuk menggalakkan budaya baca buku. “Gemar membaca akan terus digencarkan,” singkatnya.

 

Terpisah, Bunda Baca Kabupaten Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza mengatakan akan mengandeng TP PKK Muba untuk gencar sosialisasi dan meningkatkan minat baca buku di semua kalangan. “Kita akan sisir pedesaan di Muba, untuk gencar sosialisasi gerakan Muba Gemar Membaca,” katanya.

Bersamaan hadirnya bunda baca, warga Muba pun kini tidak perlu lagi melakukan pemesanan buku untuk mencari bacaan. Terhitung sejak Kamis hanya dengan satu klik dan mengunjungi Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Muba, masyarakat bisa membaca puluhan ribu buku bacaan online secara gratis.

Baca:  Menuju Layanan Worldclass Hospital, Kemoterapi RSUD Sekayu Beroperasi Full

 

“Jadi, tidak perlu khawatir kekurangan referensi bacaan. Dengan program Pustaka Digital ini warga bisa membaca secara online dan gratis,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Yohannes di Pustaka Digital (PADI) yang menyusul dilucurkan hari itu.

 

Menurutnya, peluncuran PADI guna mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. “Dengan Pustaka Digital ini warga yang ingin mencari referensi bacaan bisa lebih mudah,” terangnya.

 

Bupati Dodi mengatakan, peluncuran PADI ini menyesuaikan perkembangan teknologi dan mempermudah warga untuk mencari sumber bacaan. “Semoga bermanfaat dan PADI dapat menjadi bagian program yang meningkatkan minat baca warga Muba,” tukasnya.#arf

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pilpres, PBB Masih Netral, PAN-Hanura Solid Dukung 1 dan 2

Palembang, BP Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Palembang, Chandra Darmawan mengaku, hingga saat ini, PBB belum tentukan arah ...