Home / Headline / 7 RT di Kelurahan Sukajaya Belum Nikmati Air Bersih

7 RT di Kelurahan Sukajaya Belum Nikmati Air Bersih

BP/IST
H Budiarto Marsul

Palembang, BP

WARGA yang bermukim di 7 RT di Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang hingga saat ini belum menikmati air bersih, baik dari PDAM Tirta Musi maupun dari PAM swasta.

Kondisi ini disampaikan Lurah Sukajaya, Mascik, SSos, pada dialog dengan anggota DPRD Sumsel asal Dapil II Kota Palembang yang sedang melaksanakan reses tahap II tahun 2018. Reses digelar sejak 24 September hingga 29 September 2018. Rabu (26/7).

Reses anggota Dapil II Kota Palembang diikuti Drs HM Husni Thamrin, MM; Ir H Zulfikri Kadir; H Ardhani Awam, SH; H Imam Mansyur, Lc; H Fahlevi Maizano, SH, MH; dan M Yansuri; dengan koordinator Dr H Budiarto Marsul, SE.

Sejak reses dimulai, dilakukan berbagai pertemuan dan dialog dengan warga di beberapa tempat. Pada pertemuan di Kelurahan Sukajaya, dihadiri Forum RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga setempat.

Lurah Sukajaya Mascik membeberkan, di kelurahan yang dipimpinnya ada 7 RT yakni RT 40, RT 41, RT 42, RT 76, RT 78, RT 99, dan RT 98 yang sampai saat ini belum teraliri air bersih. Untuk itu dia minta anggota Dapil II Kota Palembang membantu warga agar membuat satu titik aliran air bersih. Titik yang dipilih adalah di masjid sehingga warga yang akan menunaikan ibadah bisa mendapatkan air dengan mudah sementara warga yang membutuhkan air untuk keperluan lain bisa mengambil di masjid.

Baca:  Blue Print Pembangunan Kota Palembang Tidak Jelas Dan Selalu Berubah

Selain itu warga mempertanyakan jalan rusak menuju SDN 118 Palembang. Jalan tersebut sudah bertahun-tahun rusak dan tidak pernah diperbaiki padahal jalan itu merupakan akses utama bagi warga setempat untuk menuju bandara.

Aspirasi lain yang disampaikan warga adalah permintaan diadakan fogging karena saat ini banyak nyamuk yang membahayakan kesehatan warga. Ada juga yang minta kenaikan insentif ketua RT menjadi Rp1 juta.

Sementara Ketua RT 79 mempertanyakan jalan di RT 89, RT 30, RT 31 merupakan wewenang Pemkot Palembang atau Pemprov Sumsel. Menurut dia, jalan tersebut saat ini banyak berlobang sehingga butuh perbaikan. Begitu juga dengan Heri, warga Lorong Sejahtera, yang meminta perbaikan jalan dan drainase.

Baca:  Bawaslu Sumsel Tolak Gugatan GRAMP

Warga juga mengeluhkan kerusakan jalan akibat pekerjaan penggalian untuk pipa gas . Selain itu warga juga berharap mereka bisa menikmati layanan gas alam murah, jadi gas tersebut jangan hanya numpang lewat di wilayah mereka.

Terhadap aspirasi-aspirasi yang disampaikan, M Yansuri meminta warga menyampaikan proposal melalui lurah ditembuskan ke DPRD Sumsel. “Silakan para ketua RT rapat dengan lurah, buat proposal mana yang menjadi skala prioritas, yang permintaan air bersih itu jadikan prioritas,” kata Yansuri.

Masih menanggapi permintaan air bersih, Zulfikri Kadir menambahkan, masalah pelayanan air bersih oleh PDAM Tirta Musi adalah kewenangan Pemerintah Kota Palembang. “Silakan proposalnya berikan ke saya, kita akan teruskan ke PDAM,” kata Zulfikri.

Menanggapi pembangunan pipa gas, Fahlevi Maizano mengatakan, kerusakan jalan akibat penggalian pipa gas tersebut sudah beberapa kali disampaikan. “Hal ini menjadi perhatian kami, akan kami sampaikan kembali ke Walikota Palembang,” kata Fahlevi.

Baca:  Penyebar Kampanye Hitam Bisa Dipidana

Fahlevi juga menjelaskan, proyek pipa gas tersebut bukan merupakan gas rumah tangga melainkan pasokan gas untuk PT Pusri. Meski demikian, harapan warga ini akan menjadi perhatian pihaknya.

Terkait permintaan kenaikan insentif ketua RT, ditanggapi Husni Thamrin yang mengatakan akan menyampaikan aspirasi tersebut ke Walikota Palembang.

Sementara Koordinator Dapil II Kota Palembang, Budiarto Marsul, mengatakan, banyak aspirasi yang berkembang dari dialog dengan warga ini. Pihaknya akan memilah, mana yang masuk kewenangan Pemkot Palembang akan disampaikan ke Walikota Palembang.

Seperti persoalan air bersih yang didambakan warga, menurut Budiarto, aspirasi ini akan diperjuangkan mengingat masalah ini sudah sangat lama. “Air bersih itu sangat vital, akan kita bicarakan dengan walikota, bagaimana langkah-langkah agar air bersih ini sampai ke masyarakat,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kembali Ke Identitas  Budaya Kota  Palembang

Palembang, BP Pemerintah kota (Pemkot) Palembang dinilai membangun kebudayaan kota Palembang tanpa dasar dan konsep,  hal ini dipertanyakan sejumlah pihak ...