Home / Headline / Kolam Renang Garuda Bakal Miliki Taman Garuda Pancasila

Kolam Renang Garuda Bakal Miliki Taman Garuda Pancasila

BP/DUDY OSKANDAR
Kolam Renang Garuda

Palembang, BP

Kolam Renang Garuda yang terletak di Jalan Hang Tuah, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang adalah kolam renang pertama di Kota Palembang dan dibuat tahun 1930 oleh Pemerintah Kolonial Belanda.

Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana mengatakan kalau kawasan Kolam Renang Garuda akan dijadikan taman edukasi Pancasila, yaitu Taman Garuda Pancasila.

“Kebetulan namanya Kolam Renang Garuda, tamannya namanya Taman Garuda Pancasila, ini lahannya punya TNI dan taman ini baru konsep kedepan, perlu kita komunikasikan dengan pimpinan, sehingga lebih bermanfaat, ini bertahap, targetnya awal 2019 lah, harapannya,” katanya, Selasa (25/9) ketika di temui di Kolam Renang Garuda.

Baca:  Gubernur Sumsel Ajak Masyarakat Sumsel Saling Memaafkan

Dia mengaku kalau Kolam Garuda yang dulu sering di sering di sebut Zwembad dalam bahasa Belanda ini konstruksinya dari Belanda dan tidak akan diubah karena merupakan cagar budaya.

“ Kolam ini namanya Swimbad, didirikan Belanda tahun 1930,” katanya.

Dan dia berharap areal kolam renang Garuda ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar .

Baca:  Marsekal Madya (Purn) Daryatmo Gantikan OSO

“ Nanti tamannya terbuka untuk umum , seperti sekarang terbuka untuk umum,” katanya.

Sebelumnya Zwembad atau kolam renang yang terletak di kawasan kolonial ini (di ujung Jalan Hang Tua, Palembang kini bernama Kolam Renang Garuda ) memang merupakan kolam renang yang pertama di bangun oleh Belanda dan di perkirakan pada 1920-an, selain kolam renang atau Zwembad di Plaju komplek pertamina dan Sungai Gerong.

Kolam renang yang ramai di kunjungi saat hari minggu ini memiliki bentuk yang unik berbeda dengan kolam dengan lainnya yang ada di Palembang karena di buat seperti bak/kolam dan lantainya di sangga dengan tiang-tiang yang di cor sehingga kesannya kolam ini tidak menggali tanah tetapi di buat di atas tanah.

Baca:  Korban kebakaran di 15 Ulu, Butuh Papan Untuk Dirikan Kembali Rumah

Walaupun sudah cukup berumur tetapi kolam renang ini sampai saat ini masih tetapi banyak di kunjungi oleh masyarakat dan terkadang pihak meliter seperti TNI dan Porli menggunakan kolam ini untuk salah satu tes penerimaan mereka.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pilpres, PBB Masih Netral, PAN-Hanura Solid Dukung 1 dan 2

Palembang, BP Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Palembang, Chandra Darmawan mengaku, hingga saat ini, PBB belum tentukan arah ...