Home / Headline / Deklarasi Kampanye Damai Di Kambang Iwak

Deklarasi Kampanye Damai Di Kambang Iwak

BP/DUDY OSKANDAR
Para peserta deklarasi kampanye damai melepaskan burung merpati dalam acara deklarasi kampanye damai 2019 di Kambang Iwak Park (KIP), Minggu (23/9).

Palembang, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengumpulkan calon anggota DPRD Sumsel dan DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel untuk kegiatan deklarasi Kampanye Damai tahun 2019.

Para calon legislatif itu sambil menggunakan baju adat diarak jalan kaki dari Kambang Iwak menuju DPRD Sumsel, Minggu (23/9).

Agenda acara pembacaan Deklarasi Kampanye Damai tahun 2019 dilanjutkan penandatanganan deklarasi ini kemudian dilanjut dengan pelepasan burung merpati oleh pimpinan partai peserta kampanye dan dan calon Anggota DPD RI asal Sumsel dan terakhir karnaval jalan kaki, lengkap dengan pakaian adat nusantara, sembari membawa bendera Parpol masing-masing dan nomor urut calon peserta Pemilu dilepas oleh Ketua KPU Sumsel Aspahani, Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi SE MSI, Kapolresta Palembang dan unsur pemerintah provinsi dan kota Palembang.

Untuk karnaval menempuh rute mulai Kambang Iwak menuju gedung DPRD Sumsel.
Pelepasan burung merpati ini merupakan lambang perdamaian dan diharapkan ini bisa menjadi tanda perdamaian tahun 2019

Kegiatan ini sebagai bentuk deklarasi kampanye damai pemilu 2019, demi menghasilkan wakil- wakil rakyat yang berintegritas.

Baca:  2,1 Juta Masyarakat Sumsel Dapat Jatah PBI

Ketua KPU Sumsel Aspahani dalam kata sambutannya mengatakan, deklarasi kampanye damai ini merupakan upaya untuk menciptakan Pemilu yang damai. Mengusung tema no hoax, no isu sara dan No money politik.

“Kami berharap deklarasi kampanye damai tidak hanya damai saat ini saja, tapi sampai akhirnya semua musim Pemilu,” katanya di Taman Kambang Iwak Park (KIP) Palembang.

Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi SE MSI menilai acara ini simbol permulaan untuk bisa kampanye , dilakukan serentak secara nasional dan pihaknya hanya mengawasi.

“ Ini penghargaan untuk parpol dan DPD untuk berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, ikuti semua aturan jangan melenceng, kita terus melakukan pengawasan dan menindak, kita mengawasi juga di dunia maya tapi keterbatasan personil namun kita jalankan , kita ada patroli pengawasan ,” katanya.

Untuk alat peraga kampanya masih terpasang pihaknya sudah berkirim surat ke parpol dan DPD untuk dilepas jika tidak Bawaslu Sumsel dan jajaran yang akan melepasnya.

Sekretaris KPU Sumsel MS Sumarwan menambahkan, karnaval tersebut merupakan rangkaian acara deklarasi kampanye damai yang digelar KPU Sumsel.

Para peserta kampanye damai melakukan karnaval jalan kaki, lengkap dengan pakaian adat nusantara, sembari membawa bendera Parpol masing-masing dan nomor urut calon peserta Pemilu. Setelah sebelumnya dan prasasti deklarasi kampanye damai di arena car free day Kambang Iwak Palembang.

Baca:  Kawan Lamo Peduli Lombok, Tetap Jalan Hingga Pasca Musibah

“Deklarasi Kampanye Damai digelar di Kambang Iwak sekitar pukul 06.30 , setelah itu calon DPD dan Calon DPRD Sumsel berjalan kaki mulai dari lokasi deklarasi menuju kantor DPRD Sumatera Selatan,” jelasya.

Semua calon anggota DPD Dapil Sumsel dan setiap perwakilan Parpol pakaian adat nusantara yang beragam.

“Bebas baju adat daerah mana saja, mau Palembang, Jawa, Kalimantan atau Papua. Ini adalah keberagaman nusantara Indonesia, yang berbeda-beda tapi tetap satu dalam balutan Pancasila,” katanya.

Dalam deklarasi damai pemilu 2019 tersebut terdapat tiga poin yang disepakati, yaitu mewujudkan pemilu yang langsung umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

Melaksanakan pemilu kampanye yang aman, tertib, damai, berintegritas, Tanpa Hoax, politisasi sara dan politik uang.
Kemudian, melaksanakan kampanye berdasarkan perundang undangan yang berlaku.

Sedangkan Calon Anggota DPD RI Dapil Sumsel, Siska Marleni SE MSi mengatakan, deklarasi Kampanye Damai 2019 pintu menuju pilkada serentak, luber, jurdil, dan tanpa politisasi uang adalah keinginan serta harapaan setiap masyarakat Sumsel.

“Pemilu damai, kampanye berjalan (Adem) Aman Damai Elok dan Mempersatukan, menjadi penting bagi masyarakat. Dan tentunya kita siap melaksanakannya,” ujar Siska Marleni.

Baca:  Perindo Dorong Prioritas Infrastruktur untuk Wong Kito

Masih menurut Siska Marleni, sebagai calon DPD RI Dapil Sumsel dirinya berharap kembai mendapat dukungan masyarakat Sumsel.

“Saya kembali mencalonkan diri setelah sebelumnya menjabat DPD RI periode pertama. Dan hari ini saya begitu berharap kepada masyarakat Sumsel untuk kembali memberikan kepercayaannya kepada saya menuju kursi DPD RI periode kedua,” katanya.

Siska menambahkan, masyarakat Sumsel diharapkan mencari tahu terlebih dahulu track record, hasil karya dan kerja keras dirinya selama menjabat anggota DPD RI periode pertama.

“Setelah tahu apa dan bagaimana hasil kerja saya periode pertama barulah tetapkan pilihan untuk kembali memberikan saya kepercayaan,” katanya.

Siska Marleni minta warga Sumsel turut mensukseskan Pemilu 2019 mendatang.

“Bagaimana caranya, dengaan tidak golput di Pemilu 2019,” kata Siska Marleni.

Melalui agenda deklarasi ini menurutnya mudah-mudahan masyarakat ingin maju dan dilakukan dalam proses pemilihan dan pemilihan di Pemilu 2019 mendatang.

Dikatakan Siska, dia bersama anggota DPD RI Dapil Sumsel lainnya, Parpol dan KPU bersama masyarakat dapat memberikan contoh kampanye damai8 masyarakat tidak terpecah belah.

“Masyarakat memiliki peran penting dalam pesta demokrasi ini, dengan mengeluarkan dalam pemilu dan tidak golput,” tegasnya lagi.

Dirinya berharap orang tidak mudah terpecah belah termasuk tidak termakan berita hoax. Berkaca pada pemilihan sebelumnya ujaran kebencian dan berita hoax marak terjadi.

“2019 tolak perpecahan, berita hoax dan politik uang,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Terkejut Tanah Depan Pasar 16 Ilir Retak, Keluar Lumpur

Palembang, BP Pedagang Pasar 16 Ilir,  Palembang terkejut dan sempat menyangka terjadi gempa akibat getaran sebelum retaknya jalan dan keluarnya ...