Home / Headline / Siswa OI Antusias Lawatan Sejarah

Siswa OI Antusias Lawatan Sejarah

BP/IST
Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejarah (MGMP) sejarah kabupaten Ogan Ilir (OI) bekerjasama dengan Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan lawatan sejarah di OI dan Palembang, Kamis (20/9).

Palembang, BP
Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejarah (MGMP) sejarah kabupaten Ogan Ilir (OI) bekerjasama dengan Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan lawatan sejarah di OI dan Palembang, Kamis (20/9).
Dalam kegiatan tersebut diwajibkan menulis karya ilmiah dalam konteks sejarah lokal. Tema yang dibuat siswa SMA di kabupaten OI ini ialah segala sesuatu yang terkait sejarah lokal di kabupaten OI dan Palembang. Perlombaan menulis karya ilmiah dengan topik sejarah OI dan Palembang ini memunculkan judul karya ilmiah di antaranya tentang pangeran Sido ing Rejek, pangeran Liting, sejarah kepahlawanan di beberapa titik historis pada masa mempertahankan kemerdekaan dan lainnnya.
Adapula naskah karya ilmiah yang ditulis siswa bertemakan cerita rakyat di kabupaten OI seperti Putri Pinang Masak, putri Senuro dan berapa lainnya.
Kegiatan yang diikuti dengan penyampaian materi teknik menulis karya ilmiah sejarah yang disampaikan oleh Dr. Syarifuddin, MPd dari FKIP Program Studi Sejarah Universitas Sriwijaya.
Narasumber menekankan pentingnya penguasaan metodologi penelitian sejarah agar yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya.
Pada sessi lain dipresentasikan pula sejarah lokal Sumatera Selatan oleh penelusur sejarah Palembang Rd. Muhammad Ikhsan. Paparan ini mendapatkan respon yang baik dari peserta. Seorang siswa yang mengikuti kegiatan ini, Gustina pelajar SMA Sungai Pinang menyatakan puas karena materi sejarah lokalnya disampaikan dengan cara sangat menarik.
Penggunaan film lama hitam putih merupakan dokumen tanpa suara alias film bisu. Ditampilkan pula foto-foto lama dari zaman kolonial dan masa pendudukan Jepang.
Presentasi ini sangat memukau peserta karena diceritakan begitu rupa sambil ditayangkan dokumentasi lama yang valid.
Para siswa ini sangat antusias imbuh Rizka Pria Utama selaku ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah OI.
Respon antusias ini semakin meningkat pada saat siswa dan guru mengikuti lawatan sejarah baik di kabupaten OI dan Palembang. Para guru dan siswa mengharapkan agar di tahun mendatang kegiatan seperti ini harus dilaksanakan dan ditingkatkan waktu pelaksanaannya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Terkejut Tanah Depan Pasar 16 Ilir Retak, Keluar Lumpur

Palembang, BP Pedagang Pasar 16 Ilir,  Palembang terkejut dan sempat menyangka terjadi gempa akibat getaran sebelum retaknya jalan dan keluarnya ...