Home / Pemerintahan / Dua Syarat Cakades: Sehat dan Bebas Narkoba

Dua Syarat Cakades: Sehat dan Bebas Narkoba

Dua Syarat Cakades: Sehat dan Bebas Narkoba

 

Sekayu,BP

Ingin jadi calon kepala desa (Cakades) atau mau bertarung maju pilkades harus mengantongi dua syarat mutlak.  Di Musi Banyuasin,  bakal dilaksanakan pilkades di 23 desa yang tersebar di 10 Kecamatan mencakup 116 cakades. Pilkades digelar serentak pada 11 November nanti. Pihak Dinas Pemberdayaan Masyrakat Desa (PMD) selaku dinas teknis mensyaratkan 116 bakal calon kades  melakukan tes kesehatan di rumah sakit pemerintah. Satu  lagi, cakades pun harus menjalani tes bebas narkoba Badan Nakotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (22/9/18).

Plt Kepala Dinas PMD Muba, Sahidi, mengatakan tes urine atau tes narkoba  bakal calon kepala desa sebagai salah satu syarat yang wajib.  Kegiatan tes ini mengacu Peraturan Daerah Kabupaten Muba No 10 tahun 2012  yang tertera pada pasal 1 ayat 7.

“Ya, mereka yang ini menjadi calon kades  harus melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan termasuk tes bebas narkotika, psikotropika dan bahan adiktif atau narkoba. Jadi bakal calon kepala desa harus bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan yang diterbitkan oleh BNNP Sumsel,”kata Sahidi, ketika dikonfirmasi, Jumat (21/9/18).

“Tujuannya untuk menyeleksi balon kades yang  akan memimpin di desa-desa wilayah Kabupaten Muba agar bebas dari pengguna narkoba. Apabila pada saat pemeriksaan ada bakal calon kades yang positif terindikasi narkoba maka akan gugur dengan sendirinya,”tegasnya.

Tahapan selanjutnya apabila lolos tes narkoba maka akan dilakukan tes psikotes di RSUD Sekayu. “Psikotes ini tidak kalah penting dengan tes narkoba, tujuanya untuk mengetahui kesiapan calon kades kedepannya,”jelasnya.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, mengungkapkan agar roda pemerintah berjalan dengan baik setiap unsur pemerintah harus terbebas dari bahaya narkoba. “Kades sebagai garda terdepan dalam menghalang peredaran narkoba di desa-desa. Karena narkoba menjadi musuh utama kita dan Pemkab Muba menyatakan perang terhadap narkoba,”ungkapnya. /Arf

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Indonesia Kerja Keras Tingkatkan Investasi

Jakarta, BP–Anggota Komisi XI DPR RI FPDIP Hendrawan Supratikno menegaskan, pertemuan IMF dan World Bank (WB) di Bali  yang dihadiri ...