Home / Headline / Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo Jabat Pj Gubernur Sumsel

Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo Jabat Pj Gubernur Sumsel

BP/DUDY OSKANDAR
Penandatanganan hasil rapat paripurna Istimewa ke 25 dengan agenda pengumuman pengunduran diri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki periode 2013-2018, Rabu (19/9) di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel.

Palembang, BP
DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat paripurna Istimewa ke 25 dengan agenda pengumuman pengunduran diri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki periode 2013-2018, Rabu (19/9) di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel.
Rapat dipimpin Plt Ketua DPRD Sumsel M Yansuri dan didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Sumsel, Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki, anggota DPRD Sumsel, kepala dinas dan para undangan.
Menurut Yansuri DPRD Sumsel telah menerima surat dari Gubernur Sumsel No 130/1383/I/2018 hal tentang pengunduran diri Gubernur Sumsel dan surat tembusan dari Wakil Gubernur Sumsel No 150/1389/I/2018 hal tentang mengunduran diri Wakil Gubernur Sumsel sisa masa jabatan 2013-2018.
Dimana untuk pencalonan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.
“Berkenaan dengan hal tersebut, DPRD Sumsel pada hari Senin (17/9) telah melakukan rapat pimpinan dengan pimpinan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Sumsel dalam rangka melakukan perubahan dan penambahan jadwal kegiatan pimpinan dan anggota DPRD Sumsel , September 2018, dan berdasarkan hasil rapat pimpinan dengan pimpinan fraksi-fraksi telah ditetapkan penambahan jadwal rapat paripurna istimewa 25 DPRD Sumsel, Rabu (19/9) dengan agenda pengumuman pengunduran diri Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel ,” katanya.
Karena keduanya maju dalam pencalonan DPR RI periode 2019-2024 dan hal tersebut telah disampaikan kepada Presiden RI melalui Mendagri.
Kemudian Kepres RI No 136/P tahun 2018 tentang pengesahan pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel masa jabatan 2013-2018 dan pengangkatan penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Drs Hadi Prabowo MM yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai dengan dilantiknya Gubernur Sumsel periode 2018-2023 definitip.
Sedangkan Yansuri menambahkan terhitung mulai tanggal 21 September hingga tanggal 7 November nanti Drs Hadi Prabowo MM akan menjadi Pj Gubernur Sumsel. Ini karena adanya kekosongan kepala daerah, kan Alex Noerdin dan Ishak Mekki sama-sama maju di pileg 2019, sehingga mereka berdua harus mengundurkan diri,” kata Yansuri.
Meskipun menjabat sebagai Pj Gubernur, kata Yansuri, wewenang yang dipegang Pj terbatas. Namun dalam kondisi dan situasi tertentu Pj juga bisa mengambil kebijakan penting.
“Kalau kebijakan pasti terbataslah mudah-mudahan tidak ada yang penting. Pada pembahasan APBD induk tahun depan, kita ingin memasukkan program dari Gubernur terpilih, agar janji-janji politik selama kampanye bisa diwujudkan,” katanya

BP/DUDY OSKANDAR
Penandatanganan hasil rapat paripurna Istimewa ke 25 dengan agenda pengumuman pengunduran diri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki periode 2013-2018, Rabu (19/9) di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel.

Sedangkan Pj Gubernur Sumsel Drs Hadi Prabowo MM akan dilantik tanggal 21 September namun belum diketahui apakah di Griya Agung atau di Pemprov Sumsel .
“ Untuk pelantikan gubernur terpilih belum ada , undangan belum ada, dan masa akhir jabatan Gubernur Sumsel pak Alex dan pak Ishak 7 November dia dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel tanggal 8 November,” katanya.
Terpisah, Mantan Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki berharap Gubernur yang baru terpilih dapat melanjutkan keberhasilan Sumsel dan menuntaskan pekerjaan yang belum terselesaikan.
“Mungkin masih banyak pekerjaan yang masih tertunda dan belum selesai. Saya harap pembangunan di Sumsel bisa terus lebih baik,” katanya. #Osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ketua MPR: Kemajuan Negara Tergantung SDM

Jakarta, BP–Ketua MPR Zulkfili Hasan mengatakan,  kemajuan sebuah bangsa bukan terletak pada sumber daya alam akan tetapi bergantung pada sumber ...