Home / Headline / Prabowo Gantikan Alex Noerdin Jadi Penjabat Gubernur Sumsel

Prabowo Gantikan Alex Noerdin Jadi Penjabat Gubernur Sumsel

Hadi Prabowo

Palembang, BP–Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengakhiri jabatan lebih cepat 6 minggu dari yang semestinya. Kemendagri telah menyiapkan Sekjen Hadi Prabowo sebagai penjabat pengganti.

 Alex Noerdin pamit mengundurkan diri sebagai Gubernur Sumatera Selatan. Hal itu dilakukan karena Alex akan maju ke Senayan dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Untuk itu, Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri telah menyiapkan penggantinya yang bakal dilantik pada 21 September nanti.

Informasi yang diperoleh, pengganti Alex Noerdin tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 130/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel masa jabatan 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Sumsel.

Menanggapi hal tersebut, Alex Noerdin mengatakan, rencananya pelantikan tersebut akan dilakukan pada 21 September mendatang. Untuk PJ Gubernur Sumsel ditunjuk langsung dari Kemendagri. Artinya, bukan dari Sumsel melainkan dipilih langsung oleh Mendagri. “Bocorannya ada Jen di belakangnya, bisa jadi Sekjen Kemendagri. Jadi tunggu saja pelantikannya,” ujar Alex, Rabu (19/9).

Baca:  Gubernur Bantu Uang Saku Jamaah Calon Haji Sumsel

Gubernur Sumsel dua periode ini mengaku pengunduran dirinya ini dikarenakan salah satu syarat untuk maju ke Senayan. Karena itu, meskipun masa kepemimpinannya belum habis maka ia harus mengundurkan diri sebagai Gubernur Sumsel.

Dengan mundurnya sebagai Gubernur, Alex berpesan kepada seluruh bupati dan walikota untuk mendukung Gubernur baru mendatang. Sama halnya saat membantu dirinya dalam menjalankan tugas sebagai Gubernur Sumsel. Dengan begitu, ia berharap Sumsel dapat lebih baik dan berkembang ke depannya.

“Pokoknya jadikan Sumsel lebih baik di mata nasional dan internasional,” tambah Alex.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Sumsel HM Yansuri membenarkan jika PJ Gubernur Sumsel yakni Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo yang mana masa kepemimpinannya terhitung pada 21 September hingga 7 November mendatang.

Baca:  Ribuan Masyarakat OKU Timur Hadiri Silaturahmi Doa Bersama Dodi-Giri

“PJ ini dilantik untuk mengatasi kekosongan kepala daerah karena Alex Noerdin dan Ishak Mekki sama-sama maju Pileg 2019,” jelasnya.

Meskipun memegang jabatan PJ Gubernur Sumsel, kata dia, namun wewenang yang dipegang PJ terbatas tetapi dapat mengambil kebijakan yang penting. Karena itu, ia berharap tidak ada kebijakan yang terlalu penting.

“Untuk APBD induk tahun depan, kami ingin sudah bisa memasukkan program dari Gubernur terpilih, agar janji politiknya bisa diwujudkan,” pungkasnya.

DPRD Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Paripurna Istimewa ke-25 dengan agenda Pengumuman Pengunduran Diri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki periode 2013-2018, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel, Rabu (19/9).

Rapat dipimpin Plt Ketua DPRD Sumsel M Yansuri dan didampingi jajaran Wakil Ketua DPRD Sumsel, Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki, anggota DPRD Sumsel, kepala dinas dan para undangan.

Baca:  48,35% Energi Batubara Indonesia Berada di Sumsel

Menurut Yansuri, DPRD Sumsel telah menerima surat dari Gubernur Sumsel No 130/1383/I/2018 hal tentang pengunduran diri Gubernur Sumsel dan surat tembusan dari Wakil Gubernur Sumsel  No 150/1389/I/2018 hal tentang mengundurkan diri Wakil Gubernur Sumsel sisa masa jabatan 2013-2018. Di mana untuk pencalonan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

“Berkenaan dengan hal tersebut, DPRD Sumsel  pada hari Senin (17/9) telah melakukan rapat pimpinan dengan pimpinan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Sumsel dalam rangka melakukan perubahan dan penambahan jadwal kegiatan pimpinan dan anggota DPRD Sumsel, September 2018, dan berdasarkan hasil rapat pimpinan  dengan pimpinan fraksi-fraksi telah ditetapkan penambahan jadwal Rapat Paripurna Istimewa 25 DPRD Sumsel, Rabu (19/9) dengan agenda pengumuman pengunduran diri Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel,” katanya. #rio/osk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Terkejut Tanah Depan Pasar 16 Ilir Retak, Keluar Lumpur

Palembang, BP Pedagang Pasar 16 Ilir,  Palembang terkejut dan sempat menyangka terjadi gempa akibat getaran sebelum retaknya jalan dan keluarnya ...