Home / Headline / Harga Karet Sumsel Relatif Bagus

Harga Karet Sumsel Relatif Bagus

BP/DUDY OSKANDAR
Kepala Dinas Perkebunan Sumsel Fahrurrozi

Palembang, BP
Harga karet di Sumatera Selatan (Sumsel) hingga saat ini jika dijual bersama-sama masih relatif bagus, tapi memang belum seperti harga karet sebelumnya.

Kepala Dinas Perkebunan Sumsel Fahrurrozi mengatakan, harga karet itu sekarang kembali lagi sebagaimana dalam sistem niaga suatu tempat.

Menurutnya, kalau petani ikut lelang dijual bersama-sama maka harganya masih relatif bagus, tapi memang belum seperti harga karet mahal dulu.

Baca:  Arkeolog Dari Luar Sumsel Teliti Penemuan Kemudi Kayu Kuno Dari Sungai Musi

“Sekarang harga karet mingguan sekitar Rp9.000 perkilogram kalau petani menjualnya dengan sistem lelang,” katanya, Selasa (18/9).

Sedangkan menurutnya, jika karet tersebut dijual sendiri-sendiri maka harganya sangat bervariasi, karena jualnya dengan pedagang perantara dan pedagang ini ada yang kecil dan besar tentunya mengambil keuntungan sehingga harganya jauh dari sistem lelang.

Selain itu dia melihat, petani itu ada yang menjual karetnya seminggu sekali, dua minggu sekali dan sebulan sekali.
“Harga karet itu jika dijual bersama-sama harganya masih relatif bagus sekitar Rp9.000 perkilogram, sedangkan dijual sendiri-sendiri bisa Rp5.000 perkilogram bahkan bisa dibawah harga tersebut,” katanya.
Dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan harga karet di tingkat petani menurutnya ,dengan meningkatkan kualitas karet rakyat, kemudian memperbaiki tata niaga dijual dengan cara berkelompok dengan sistim lelang sehingga harga di tingkat petani lebih baik.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pilpres, PBB Masih Netral, PAN-Hanura Solid Dukung 1 dan 2

Palembang, BP Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Palembang, Chandra Darmawan mengaku, hingga saat ini, PBB belum tentukan arah ...