Home / Headline / Prihatin Ekonomi Terpuruk, Mahasiswa Demo di DPRD Provinsi Sumsel

Prihatin Ekonomi Terpuruk, Mahasiswa Demo di DPRD Provinsi Sumsel

BP/DUDY OSKANDAR
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Sumbagsel berunjuk rasa di depan kantor DPRD Sumsel, tepat saat rapat Paripurna DPRD Sumsel ke-48 berlangsung, Senin (17/9).

Palembang, BP

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Sumbagsel berunjuk rasa di depan kantor DPRD Sumsel, tepat saat rapat Paripurna DPRD Sumsel ke-48 berlangsung, Senin (17/9).

Mereka melakukan aksi demonstrasi lantaran kondisi ekonomi Indonesia saat ini dinilai terpuruk seperti nilai tukar Rupiah terhadap Dolar yang tembus diangka Rp15 Ribu.

Baca:  JK Puji Fasilitas JSC

Selain itu, Badko HMI Sumbagsel juga mempertanyakan kebijakan impor pangan yang terus meningkat, padahal hasil pertanian dalam negeri melimpah.

“Aksi ini membahas perekonomian bangsa dan persoalan impor. Kami menilai beberapa industri lokal selalu tidak dihargai oleh pemerintah sehingga banyak produk lokal mandek di pasar,” kata Ketua Umum Badko Sumsel Bambang Irawan.

Baca:  Blue Print Pembangunan Kota Palembang Tidak Jelas Dan Selalu Berubah

Massa meminta pemerintah serius dalam menangani persoalan ekonomi agar rupiah tak lagi terpuruk.

Dalam aksinya massa menyampaikan 8 tuntutan kepada pemerintah Jokowi-JK melalui DPRD Sumsel, diantaranya, pertama, massa mendesak pemerintah menjaga stabilitas harga bahan pokok ditengah depresiasi nilai tukar Rupiah terhadap dolar.

Kedua, massa memintah pemerintag memperluas ekspor dan menekan produk impor. Selanjutnya massa juga mendorong Bank Indonesia dan OJK harus dapat mengubah struktur kredit menjadi 70 persen untuk pelaku bisnis besar dan 30 persen untuk pelaku bisnis menengah dan kecil sampai akhir 2018 ini.

Baca:  Dishub Sumsel Belum Lakukan Razia Untuk Taksol

Sementara itu, salah satu Anggota DPRD Sumsel yang menerima aksi unjukrasa massa HMI Sumbagsel, Bastari, berjanji akan menyampaikan aspirasi massa kepada pemerintah pusat.

“Terima kasih atas aspirasinya. Apa yang kalian rasakan, apa yang rakyat rasakan juga kami rasakan. Namun tetap ada aturan yang harus dilalui. Teruslah berjuang asal tidak anarkis, kalian berjuang dengan cara kalian, kami-pun berjuang dengan cara kami, kami mengapresiasi apa yang kalian sampaikan asalkan disampaikan dengan jalur yang benar,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Prabowo Gugat ke MK Jika Hasil Hitung KPU Tidak Memenangkan Dirinya

Jakarta, BP — Jurubicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, membuka kemungkinan pihaknya menggugat ke Mahkamah Konstitusi ...