Home / Headline / Muba Capai Imunisasi MR Tertinggi di Sumsel

Muba Capai Imunisasi MR Tertinggi di Sumsel

Palembang, BP
Memasuki pertengahan September 2018, Kabupaten Muba mencapai 80 persen realisasi Program Imunisasi Measles Rubella (MR) atau campak dan rubella di Sumatera Selatan yang juga merupakan Program Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan RI.
Atas capaian ini, Muba menjadi kabupaten tertingga dalam realisasi imunisasi MR di 17 kabupaten/kota di Sumsel. Sedangkan secara global realisasi imunisasi MR di Sumsel mencapai 40 persen dari target 95 persen hingga akhir September 2018 mendatang.
“Musi Banyuasin menjadi daerah paling cepat melakukan program vaksinasi MR ini dengan capaian 80 persen sementara terendah di Banyuasin,”ujar Kabid Penanggulangan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Sumsel Ferry Yanuar dalam acara Sharring Session Bersama Komunitas Perango Rubella yang digelar FKJS Sumsel di Meeting Room Hotel Amaris Palembang belum lama ini.
Lanjut Ferry, disisi lain ada 6 kabupaten/kota di Sumsel yang meminta ditunda karena menunggu edaran terbaru dari MUI.
“Luar biasa Muba ini, petugas kesehatan sekolah dan kesadaran masyarakat tinggi sehingga pencapaian hampir capai target sedangkan Lahat, Pagaralam, Muara II dan Muara Enim baru mulai,”jelasnya.
Salah satu upaya yang dilakukan Muba dengan capaian tinggi adalah petugas kesehatan melakukan upaya inovasi pelayanan sehingga masyarakat mau diimunisasi. Misalnya bagi anak yang mau diimunisasi maka akan diberikan pelayanan periksa gigi gratis.
“Kita harapkan kabupaten dan kota lain bisa mencontoh inovasi yang dilakukan Muba sehinhga mampu menarik masyarakat untuk imunisasi,”harapnya.
Masih dikatakan Ferry, untuk Sumsel sudah 47, 21 persen sejauh ini. Sedangkan Palembang belum lama ini statistik 3 terendah sekarang naik setingkat menyusul Lahat, menjadi peringkat 4 terendah. Keseluruhan telah tercapai 1.014.000 vaksinasi dengan target 2.239.582 bagi Palembang.
Lebih lanjut dikatakannya, memang diakui target Sumsel adalah 95 persen terealisasi dalam pelaksanaan imunisasi MR dari total 2,2 juta anak di Sumsel.
“Kalau tidak tercapai, nanti akan kita evaluasi apakah diperpanjang atau masuk dalam program vaksin rutin,”terangnya.
Senada dengan itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia ditempat yang sama menjelaskan di Kota Palembang telah mencapai 400 ribuan yang telah divaksinasi MR.
 “Kita sudah melakukan beberapa kali pertemuan dengan kepala sekolah, camat, MUI dan kemenag untuk percepatan,” jelasnya.
Sementara itu, Rusmiati Wali kelas di Sekolah Madrasah yang ada di Palembang mengatakan  jika sosialisasi tersebut mengalami kendala saat dilakukan ditempat. Hal ini karena kurangnya wawasan yang diterima orang tua dan murid itu sendiri.
“Di Madrasah saya sosialiasasi hanya 97 anak yang ikut dan mau. Baiknya sosialisasi ini mohon sekali diperluas wawasannya. Agar mereka paham, saya secara pribadi menyambut antusias atas program vaksin MR bebas biaya, karena saya sendiri pernah mengalami virus rubella,”pungkasnya. #sug
Baca:  Akhor Siap Dukung Harno-Fitri
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tujuh Anggota MPR PAW Dilantik

Jakarta, BP–Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang (OSO) menjelaskan, MPR sebagai  lembaga permusyawaratan, dan salah satu pelaksana kedaulatan rakyat mempunyai ...