Home / Headline / Kisah Dua Bulan Bung Karno Tinggal Dirumah Limas dr Ak Gani Yang Kini Terlantar

Kisah Dua Bulan Bung Karno Tinggal Dirumah Limas dr Ak Gani Yang Kini Terlantar

BP/IST
Rumah limas milik dr Ak Gani yang dipindahkan ke Jalan Merdeka yang kini terlantar

Kisah  Dua Bulan Bung Karno Tinggal
Dirumah Limas dr Ak Gani Yang Kini Terlantar

SETELAH Presiden pertama RI, Ir Soekarno diasingkan Pemerintah Kolonial Belanda di Ende, lalu oleh Belanda Soekarno lalu diasingkan ke Bengkulu, pada waktu Jepang masuk, Soekarno bersama istrinya Inggit Ganarsih, termasuk anak angkat serta pelayannya dari Pulau Ende, pergi ke Padang (Sumatera Barat), di Padang, Belanda tidak bisa mengawasi dan melayani Soekarno, akhirnya Belanda hanya bisa mengurus keperluan mereka sendiri karena Jepang mulai menyerang.
“ dr Ak Gani mempunyai inisiatip menjemput Soekarno dan keluarganya di daerah, perbatasan dengan Jambi, setelah di jemput pada waktu, sekitar bulan Februari di bawa ke Palembang, di Palembang Bung Karno menginap di rumah dr AK Gani, selama paling tidak menurut catatan mungkin 2 bulan, setelah itu dr Ak Gani mengusahakan kapal untuk Soekarno untuk berangkat ke Jakarta, kemudian bung Karno sekeluarga di bawah dengan kapal ke pasar ikan maka sampailah di Jakarta , itu bulan Juni, jadi antara Februari, Maret, April, Mei, Juni, ada kemungkinan minimal waktu itu dua bulan bung Karno ada di Palembang,” kata pengamat sejarah kota Palembang Rd Moh Ikhsan, Senin (17/9).

Baca:  Dua Aksi May Day Di Palembang Di Kawal Aparat

Dua bulan tersebut menurut dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) bukan waktu yang sebentar , sementara dalam waktu dua bulan itu menurutnya atau pada masa-masa kritis itu dr Ak Gani menyediakan tempat tinggal bagi bung Karno.
“ Jadi luar biasa ini, dimana Soekarno dan keluarga di Palembang tinggal di rumah lima sdr A Gani yang terletak saat ini dekat Sumatera Shoping Center (Pasar Raya Bandung) di Jalan TP Rustam Effendi kemudian beberapa tahun kemudian lahan rumah tersebut di tukar guling dimana lokasinya kini dibangun pusta pertokoan lalu terbakar tahun 1985, dan rumah lima Ak Gani lalu dipindahkan ke Jalan Merdeka sebelah kantor Legiun Veteran.
“Dimasa-masa kritis itu bung Karno di tamping di rumah dr Ak Gani selama dua bulan , bukan di losmen atau di hotel dirumah beliau (dr Ak Gani, artinya Palembang punya peran dalam pendirian negara kita ini,” katanya.
Untuk itu dia mengusulkan rumah limas dr Ak Gani yang kini berada di Jalan Merdeka samping kantor Legiun Veteran yang terlantar diperhatikan.
“Syukur kalau rumah itu di renovasi, diselamatkan, karena itulah simbol perjuangan kita, dan tidak banyak se Indonesia punya peran seperti itu, pada masa-masa kritis bung Karno di selamatkan oleh dr Ak Gani, tempat tinggalnya di rumah itu, jadi dari sabang sampai merauke mungkin beberapa tempat yang disinggahi bung Karno, di Ende, Bengkulu setelah itu dia ke Palembang dari Palembang baru ke Jakarta, miris ini, kita ini jadi pelupa kalau soal sejarah ini padahal simbol-simbol, tonggak-tonggaknya harus dilestarikan,”katanya.
Ikhsan mengusulkan pada hari pahlawan nanti dipikirkan bagaimana disampaikan kepada pimpinan daerah agar tempat ini bisa diselamatkan, sehingga nilai sejarahnya bukan untuk Palembang saja , untuk Indonesia.
“Rumah itu harus diselamatkan, sebagai langkah awal, bagaimana wartawan, media mengangkat persoalan ini supaya banyak orang melek, karena itu rumah itu yang pernah di tinggali bung Karno, kalau kita bicara bung Karno, , itulah kita bicara bagaimana negara ini berdiri, bagaimanapun beliau founding fathers yang sangat kuat selain bung Hatta dan bung Syahrir dan lain-lain,” katanya.
Dr Ak Gani menurutnya, berdasarkan buku Mestika Zed, tujuh orang yang paling berpengaruh di Indonesia diantaranya selain Soekarno, Hatta, Syahrir dan tujuh adalah dr Ak Gani. Dia berharap, sekian tahun lagi uang Rp10 ribu minimal gambarnya dr Ak Gani.#osk

Baca:  KPU Sumsel Musnahkan 25.047 Surat Suara Pilgub Rusak dan Lebih

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Terkejut Tanah Depan Pasar 16 Ilir Retak, Keluar Lumpur

Palembang, BP Pedagang Pasar 16 Ilir,  Palembang terkejut dan sempat menyangka terjadi gempa akibat getaran sebelum retaknya jalan dan keluarnya ...