Home / Headline / Masyarakat Hargai Caleg Miliki Perhatian Utuh Pada Dapilnya

Masyarakat Hargai Caleg Miliki Perhatian Utuh Pada Dapilnya

BP/IST
Workshop Nasional Sukses Menjadi Wakil Rakyat’ yang digelar Lintas Politika Indonesia di Hotel The Zuri Palembang, Kamis (13/9).

Palembang, BP

Sebanyak 50 peserta mendengakan strategi agar caleg dipilih masyarakat antara lain dari paparan pembicara level nasional Prof DR Siti Zuhro pada ‘Workshop Nasional Sukses Menjadi Wakil Rakyat’ yang digelar Lintas Politika Indonesia di Hotel The Zuri Palembang, Kamis (13/9).

“Saya pikir masyarakat itu akan lebih menghargai caleg-caleg yang memang memiliki atensi (perhatian) yang utuh pada Dapilnya. Tidak mungkinlah kita masyarakat Dapilnya itu lalu memilih orang yang tidak dekat, yang tidak kenal, tidak berkomunikasi. Tidak mungkin,” kata Siti Zuhro yang dikenal sebagai peneliti senior LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di bidang politik.

Menurut wanita yang akrab disapa Wiwieq ini, siapapun caleg yang melakukan komunikasi yang intensif, menyapa, mengajak dialog, lalu mencoba memahami permasalahan dan sebagainya dan menunjukkan keseriusan dalam memahami itu, berempati memahami itu, itu yang akan meyakinkan masyarakat.

“Tentu cara komunikasi sampai di kampanye April 2019 nanti itu yang akan menentukan siapa di antara caleg-caleg ini yang nantinya betul-betul memang kalau dikontestasikan itu mendapatkan penilaian yang tertinggi. Tidak semuanya. Mungkin dari partai yang sana memberikan kehebatan di sisi lain dan sebagainya. Di internal partaipun mereka berkompetisi. Apalagi diantara partai,” kata alumnus Universitas Jember ini.

Profesor yang menyelesaikan studi S3 Curtin University, Perth Australia mengakui berat sekali mencalonkan diri sebagai caleg saat ini karena memang tuntutannya sangat banyak, variatif.

“Masyarakat menuntut, masyarakat juga membanding-bandingkan. Bagaimanapun juga kalau kita di tengah-tengah masyarakat yang sudah membanding-bandingkan itu tentu akan memposisikan caleg serba harus memenuhi persyaratan itu,” kata wanita kelahiran Blitar, 7 November 1958.

Ia juga membahas suara milenial yang dinilai sangat signifikan.

Diapun yakin partai-partai sudah memprediksi, mengantisipasi memetakan kekuatan, berapa persen pemilih milenial, berapa persen pemilih yang sudah dianggap bukan milenial.

“Makanya mereka akan menurunkan orang-orang muda partai, kader-kader mudanya dan kader-kader yang dianggap sudah seattle in, sudah mantap. Itu yang akan diberikan sehingga semua partai kelihatannya sudah mengantisipasi orang-orang muda partai untuk diturunkan. Perilaku pemilih milenial itu mereka memang lebih logis, lebih realistis,” kata Siti Zuhro.

Menurutnya, mereka ini sangat kontekstual, sangat momentum, dia baca dengan baik-baik momentum konteks itu sehingga ketika memilih tadi itu mereka akan mempertimbangkan konteks dimana ketika pemilih tadi itu.

“Nah itu yang harus diantisipasi oleh partai dalam merekrut kader-kadernya. Sekarang kan rekrutmen itu sudah terjadi. Tinggal bagaimana para caleg-caleg yang menjadi kader partai itu betul-betul mampu mendulang suara tentunya sesuai dengan Dapil masing-masing. Itu yang sedang mereka pelajari bagaimana mendapatkan simpati dari masyarakat pemilih sehingga lalu dengan simpati itu mereka berpihak pada caleg-caleg ini,” kata wanita yang dikenal juga sebagai pengajar Program Doktoral di FISIPOL UGM ini.

Sementara Direktur Eksekutif Lintas Politika Indonesia, Kemas Khoirul Mukhlis mengatakan, pihaknya sengaja menyelenggarakan kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan pembekalan bagi para calon legislatif dalam menghadapi kompetisi Pemilu 2019 mendatang.

“Kita inginkan para calon legislatif memiliki kualitas pengetahuan yang memadai,” kata Mukhlis.

Mantan Ketua KPU Palembang ini menambahkan, nantinya akan diberikan materi mengenai aturan dan perundang-undangan terkait Pemilu, membangun brand personal, kampanye kreatif dan sebagainya.

“Kegiatan ini sangat penting diikuti oleh para calon legislatif, maka itu rugi jika dilewatkan,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...