Home / Headline / Ketua MPR Dorong KAHMI Jadi Pelopor Persatuan

Ketua MPR Dorong KAHMI Jadi Pelopor Persatuan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Jakarta, BP–Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan,  negeri ini dilahirkan  para cendekiawan dari tahun 1908 hingga tahun 1945.  Bebagai organisasi seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Muhammadiyah,  NU, Jamiatul Khair  bercita-cita mendirikan Indonesia.

Menurut Zulkifli, tahun 1945, bangsa Indonesia sudah memiliki gagasan serta   memikirkan demokrasi, keadilan, kemanusiaan, dan kesejahteraan. Pikiran  pendiri bangsa seperti Bung Karno dan Hatta   termuat pada dasar negara dan konstitusi, Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. “Bangsa lain baru memikiran hal yang demikian 20 tahun kemudian,” ujar Zulkifli di gedung MPR Jakarta, Rabu (12/9) saat sambutan dalam simposium yang diselenggerkan KAHMI.

Baca:  Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Terima Pemuda Katolik

Meski para cendekiawan berbeda asal-usul, agama, dan aliran politik kata dia, namun  mereka tetap memberi keteladanan yakni persatuan. “Walaupun IJ Kasimo dan Mohammad Natsir berbeda agama dan partai politik namun mereka tetap bersahabat”, tutur Zulkifli.

Dia mengingatkan,  bahwa bangsa ini merdeka mempunyai tujuan bersatu, berdaulat, menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat. Diselenggarakannya Pemilu Presiden maupun Pemilu Legislatif  sebagai salah satu jalan untuk menuju tujuan itu.

Baca:  Anggota MPR Harus Paham Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika

“Bila realitas pemilu sekarang berbeda dengan tujuan Indonesia merdeka sangat disayangkan. Sangat prihatin kalau Pemilu membuat perpecahan,” jelasnya.

Sebagai negara yang berdasarkan Pancasila, Zulkifli  mengajak semua pihak   melaksanakan nilai-nilai yang ada. “Pancasila disepakati sebagai pandangan hidup. Untuk itu masyarakat diharap melaksanakan  Pancasila. Perilaku  ber-Pancasila adalah perilaku yang disinari cahaya illahi,” paparnya. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Fraksi PAN DPRD Sumsel Desak Pemprov Sumsel Jadikan RS Khusus Provinsi BLUD

Palembang, BP Rumah Sakit Khusus Mata Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada tahun anggaran 2018 lalu memperoleh pendapatan yang sangat fantastis, ...