Home / Headline / Ditemukan Dermaga Kuno Diduga Kuat Dari Zaman Kesultanan Palembang

Ditemukan Dermaga Kuno Diduga Kuat Dari Zaman Kesultanan Palembang

BP/IST
Suasana Tanggo kuno tempat pelabuhan sekaligus tepian air ini berada di tepian sungai Musi sekaligus di muara anak sungai yang dikenal sebagai sungai Jeruju di kelurahan Kuto Batu Palembang, Rabu (12/9).

Palembang, BP
Sebuah tim kecil dari Dinas Pariwisata kota Palembang menemukan sebuah tinggalan bernuansa heritage yang kuat dugaan dari zaman kesultanan Palembang.
Setelah mendapatkan info sebuah foto yang diterangkan merupakan sebuah Tanggo Rajo tim dari Dinas Pariwisata pemerintah kota Palembang dengan beberapa orang penelusur sejarah Palembang di antaranya Rd. Muhammad Ikhsan, RM. Ali Hanafiah dan Yudhy Syaropi melakukan pengecekan pada titik lokasi.
Tanggo kuno tempat pelabuhan sekaligus tepian air ini berada di tepian sungai Musi sekaligus di muara anak sungai yang dikenal sebagai sungai Jeruju di kelurahan Kuto Batu Palembang, Rabu (12/9).
Bangunan batu berupa tangga naik turun ke sungai Musi ini berbentuk sangat unik mirip bangunan di situs cagar budaya Ki Gede ing Suro di situs 3 Ilir.
Menurut Rd. Muhammad Ikhsan yang pertama kali mengamati bangunan yang berfungsi utama juga sebagai pelabuhan ini, bangunan ini tidak ditemukan di sepanjang sungai Musi Palembang.
“Mengamati konstruksi batu bata di bangunan dermaga ini memiliki jenis batu bata pipih dari zaman dulu,” katanya.
Ukuran batu bata di dermaga kuno ini pun ada dua jenis ukuran yang bervariasi.
Menurut Rd. Muhammad Ikhsan pemerintah dalam hal ini instansi yang berwenang harus cepat tanggap meresponnya, bangunan ini tampaknya penting sebagai sejarah dan identitas kota Palembang.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Keberadaan Lampu Merah Depan Kantor Pos Besar Di Tinjau Ulang

Palembang, BP Anggota Komisi I DPRD Sumatera Selatan (Sumsel)  Elianuddin HB mendesak kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah kota Palembang ...