Home / Headline / Jaga Jejak Sejarah, Dodi Ziarah ke Makam SMB II

Jaga Jejak Sejarah, Dodi Ziarah ke Makam SMB II

Ternate, BP— Hujan rintik Minggu (9/9/2018) sore membasahi komplek pekuburan Islam yang terletak di Kelurahan Makassar Barat Kota Ternate Tengah. Bukannya menyurutkan langkah, cuaca sejuk justru memantapkan niat Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin melakukan ziarah ke makam Sultan Mahmud Badarudin II yang merupakan pimpinan Kesultanan Palembang-Darussalam, Sumatera Selatan. Sejarah mencatat Sultan diasingkan  pihak Belanda yang kala itu berhasil mengambil alih Palembang.
“Kita harus turut andil untuk memperhatikan keberadaan makam Sultan Mahmud Badarudin II.Ini bukti fisik jejak Sultan Mahmud Badaruddin II di Ternate,” ungkap Dodi yang pada kesempatan tersebut disambut oleh Ketua Zuriat Keturunan Kesultanan Palembang Darusalam, Raden Rahmat Masagus, Minggu.
Menjaga dan memperhatikan makam SMB II merupakan kewajiban, kata Dodi. “Inilah bentuk penghargaan kita terhadap perjuangan beliau melawan penjajah untuk mempertahankan bagian wilayah Sumatera Selatan,” tuturnya.
Ketua Zuriat Keturunan Kesultanan Palembang Darusalam, Raden Rahmat Masagus menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin. Sebagai  putra daerah Sumsel menurutnya, Dodi sangat komitmen memperhatikan dan menghargai jasa-jasa SMB II.
“Perhatian Pak Dodi membuat kami sangat senang, Insya Allah ini akan menjadi keberkahan kita semua,” ucapnya.
Ia berharap, perhatian Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin terhadap sejarah keberadaan makam SMB II di Ternate dapat menjadi panutan Kepala Daerah lainnya di wilayah Sumsel. “Sehingga masing-masing Kabupaten/Kota di Sumsel nantinya menjaga nilai sejarah dan terus mengingat perjuangan SMB II dalam mempertahankan Palembang-Sumsel,” pungkasnya.#arf
Baca:  Sekda Apriyadi: Jadilah Birokrat yang Melayani
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

TMMD Ke 104 Kodim 0418 Palembang Gelar Tabligh Akbar Peringatan Isra Miraj 1440 H

Palembang, BP TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 0418/Palembang rencanakan malam ini pada Kamis (21/3) akan mengelar Tabligh ...