Home / Headline / DPRD Sumsel Minta Aset Sumsel Di Tata

DPRD Sumsel Minta Aset Sumsel Di Tata

BP/IST
Elianuddin HB

Palembang, BP
Anggota Komisi I DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Elianuddin HB meminta Pemprov Sumsel menata aset yang ada selama ini.
“Kalau aset kita, belum tertata dengan baik, seperti aset kita di Rumah Sakit Islam Siti Khodijah , itu aset provinsi, tapi jadi tidak jelas,” katanya, Minggu (9/9).
Pihaknya meminta Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel benar-benar mengendalikan , sistim aset ini, dibuat mekanisme dimulai dari proses dari awal .
Pekan lalu menurutnya Komisi I DPRD Sumsel ke Jawa Tengah untuk studi banding penataan aset ini.
“ Di Jawa Tengah pengelolaan asetnya sempurna , jadi tidak mungkin lagi hilang aset itu,” katanya sembari mengemukan hal ini berkaitan dengan Anggaran Perubahan Sumsel.
Selain itu tata arsip aset di Jawa Tengah sudah lengkap dan tertata dengan rapi sejak zaman Belanda sampai sekarang.
Sebelumnya Ketua Komisi I DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) H Budiarto Marsul meminta kepada pengelola aset untuk memelihara sejumlah aset daerah yang ada dengan baik.
“Komisi I ingin aset daerah ini dicatat dengan baik dan dipelihara dengan baik pula,” kata Budiarto.
Apalagid ia melihat aset Pemprov Sumsel sangat besar yang penyebaran di organisasi perangkat daerah-organisasi perangkat daerah (OPD), ada aset yang bergerak dan tidak bergerak.
Dan ditambah dengan pengelola aset itu silih berganti, bisa jadi dengan pergantian pejabat-pejabat sejarahnya akan hilang.
“Karena itu, kami ingin aset kita oleh pengelola aset ini dicatat dengan baik dan dipelihara dengan baik, kalau ada tanah yang belum disertifikat, maka disertifikatkan,” katanya.
Menurutnya kalau aset ini akan berpengaruh dalam penilaian baik dan tidaknya keuangan pemerintah oleh BPK RI, salah satunya Sumsel WTP (wajar tanpa pengecualian) antara lain semakin baiknya pengelolaan aset daerah.
“Kami ingin aset ini terus dilakukan perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan aset-aset daerah Sumsel ini agar tidak ada masalah kedepannya,” ujar Budiarto Marsul yang merupakan politisi dari Partai Gerindra ini.
Sementara mengenai berapa besar nilai aset yang ada sekarang ini, menurutnya cukup besar. Karena aset daerah ini berkembang setiap tahun, ada penambahan dan pelepasan aset. “Ke depan kita harapkan pengelolaan aset daerah ini dilakukan dengan baik dan tercatat dengan baik pula,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Pertanyakan Temuan LHP BPK RI

Palembang, BP Sejumlah Fraksi DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mempertanyakan temuan dari LHP BPK RI beberapa waktu lalu. Seperti yang ...