Home / Sumsel / Pemprov Luncurkan Sumsel Command Center

Pemprov Luncurkan Sumsel Command Center Targetkan Setiap Kabupaten/Kota Terkoneksi

Palembang, BP–Sumatera Selatan terus mewujudkan untuk menjadi provinsi terdepan sebagai Smart Province. Untuk menjadikan itu, akhirnya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin secara resmi meluncurkan Sumsel Command Center (SCC), di Halaman Kantor Gubernur, Jumat (7/9).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Inanda Karina Astari Fatma sebagai inisiator SCC mengatakan, SCC merupakan langkah awal mewujudkan Sumsel sebagai Smart Province. SCC yang baru saja diresmikan tersebut untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan Informasi yang pesat, serta untuk mendapatkan pelayanan cepat dan modern agar pemerintah dapat menyiapkan pelayanan internal maupun eksternal dengan sistem yang efektif, responsif dan modern.
“Sumsel Smart Province adalah konsep pemanfaatan ICT (Information and Communication Technologies-red) untuk semua aktifitas kegiatan dalam mendukung pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang efektif dan good governance,” kata Inanda.
Masih dikatakan dia, SCC ini juga diharapkan dapat mensinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik OPD di lingkungan pemprov Sumsel sesuai dengan visi-misi Sumsel Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing Internasional.
“Jadi untuk memantau OPD yang ada dilingkungan Pemprov Sumsel ini bisa dari genggaman tangan, dengan adanya ini memantau kinerja setiap OPD tidak perlu lagi ke masing-masing OPD tetapi melalui SCC ini lah, disamping aktifitas di OPD juga seluruh kegiatan OPD akan terakses melalui website. Jadi diimbau kepada seluruh OPD itu website yamg ada harus terus update agar bisa terpantau di SCC ini,” harapnya.
Ia juga menambahkan, untuk saat ini CCTV yang terintegrasi dengan SCC Diskominfo ada sebanyak 36 CCTV, sementara untuk pelayanan publik, OPD dilingkungan Pemprov itu ada ratusan CCTV yang selalu terpantau diruangan SCC.
“Jumlah ini belum seluruhnya CCTV yang berada di layanan publik, pasalnya kami terkendala CCTV yang ada itu terkadang tidak aktif, oleh sebab itu kami akan terus memperbaharuhinya agar semua itu bisa terintegrasi di SCC ini,” tuturnya.
Inanda menambahkan, pada tahap pertama SCC ini mampu mengintegrasikan CCTV Pemprov Sumsel dan website seluruh OPD di Sumsel. Dalam uji coba sudah dapat membantu pelaksanaan Asian Games di venue maupun di lokasi lainnya. Kedepan harapan SCC terus berkembang dan dilengkapi dengan teknologi terkini dan terlengkap yang didukung SDM yang handal.
“Alhamdulillah SCC ini sudah turut mensukseskan Asian Games, dengan cara membantu dalam pengawasan dan pengamanan pada venue-venue dikawasan JSC,” ungkapnya.
Sementara itu Gubernur Alex Noerdin mengatakan, pembangunan Sumsel Command Center ini terbilang cepat hanya enam bulan. Tapi lihatlah hasilnya yang luar biasa, oleh sebab itu ia sangat mengapresiasi kinerja Diskominfo Sumsel yang mewujudkan teknplogi canggih ini.
Ditambahkan Gubernur Alex, teknologi yang dilakukan Diskominfo ini pun merupakan salah satu trobosan yang harus dilakukan dijaman melinial dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin pesat.
“Dengan adanya Sumsel Command Center bisa menjadikan Provinsi ini cukup dalam gengaman. Yang artinya bisa dipantau melalui Ponsel ataupun bisa telekonfrence antar daerah,” kata Alex.
Alex juga menuturkan, kalau sekarang baru ada di tiga kabupaten/kota, yaitu Kota Palembang, Kanupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Kanupaten Banyuasin. Target kedepan jangkaunya bisa ke 17 kabupaten/kota yang ada di Bumi Sriwijaya.
“Jadi kedepan itu diharapakan seluruh kabupaten/kota itu bisa diinput melalui SCC ini, sehingga bisa terpantau. Ini salah satu langkah untuk memudahkan pemimpin kepala daerah di suatu provinsi, memantau kinerja setiap OPD di daerah,” pungkasnya. #adv
 
Baca:  Alex Minta ICMI Jaga Kondusivitas Sumsel
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gubernur Minta Tim Pembela Jokowi Deteksi Hoax Sejak Dini

Palembang, BP Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta Tim Pembela Jokowi (TPJ)  mendekteksi hoax yang ingin menjatuhkan Presiden Joko ...