Home / Headline / # RupiahTerjun Bebas Hingga Rp15 Ribu Presiden Jokowi di Hadiahi Kalung Medali Emas Oleh Mahasiswa Palembang

# RupiahTerjun Bebas Hingga Rp15 Ribu Presiden Jokowi di Hadiahi Kalung Medali Emas Oleh Mahasiswa Palembang

BP/DUDY OSKANDAR
Puluhan mahasiswa yang ada di kota Palembang tergabung dalam aliansi Garda Sriwijaya, Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) , mahasiswa dari universitas lain yang ada di Palembang mendatangi kantor pos besar Palembang yang terletak di Jalan Merdeka, Palembang , dimana mereka mengirimkan paket berisi surat, kalung medali emas, selembar kertas bertuliskan medali emas, ekonomi meroket 2018, Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) dan surat berisi tuntutan mahasiswa di Palembang meminta pemerintah menyikapi dengan anjloknya nilai rupiah terhadap dollar, Kamis (6/9).

Palembang, BP
Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap mata uang Dollar mendapat sorotan kalangan mahasiswa yang ada di kota Palembang yang tergabung dalam Aliansi Garda Sriwijaya, Mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) , mahasiswa dari universitas lain yang ada di Palembang.
Mereka menggelar aksi unjukrasa di kawasan Bundaran Air Mancur, Palembang, Kamis (6/9) siang.
Namun sebelumnya puluhan mahasiswa tersebut mendatangi kantor pos besar Palembang yang terletak di Jalan Merdeka, Palembang , dimana mereka mengirimkan paket berisi surat, kalung medali emas, selembar kertas bertuliskan medali emas, ekonomi meroket 2018, Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi) dan surat berisi tuntutan mahasiswa di Palembang meminta pemerintah menyikapi dengan anjloknya nilai rupiah terhadap dollar ke istana negara melalui jalur pos kepada Presiden RI Ir Joko Widodo.
Surat yang dikirimkan ke Presiden Jokowi memberikan pesan kepada kepala negara dan pemerintahan saat ini, agar lebih baik mengelolah negara, terhadap kekhawatiran perekonomian Indonesia.
Diantara isi surat tersebut, “Bapak yang terhormat, hari ini kami dan sudah sedari kemarin menunggu kuatnya kembali nilai rupiah terhadap dollar AS. Bapak yang terhormat, kami turun kejalan dan menyampaikan surat ini, hari ini dikarenakan semakin melemahnya nilai rupiah. Sampai kapan nilai rupiah ini semakin terus melemah? Ini menambah rentetan keresahan dari rakyat, mulai dari pencabutan subsidi, tenaga kerja asing ilegal dan impor pangan,”.
Presiden Mahasiwa Universitas Sriwijaya, Trisno mengatakan, paket surat yang dikirimkan berisi aspirasi dan permasalahan yang terjadi di Indonesia yang dirasakan hari ini dimana rupiah mulai melemah.
“ Ini juga bentuk kritikan kepada pemerintah dan kami menginginkan dalam gerakan kami hari ini dimana pemerintah harus segera menstabilkan harga rupiah dan sistim perekonomian di Indonesia,” katanya.
Selain itu, kegiatan yang dilakukan harus ini diharapkan pemerintah segera mengambil kebijakan cepat untuk memperbaiki situasi yang melemah ini, dimana ketika rupiah melemah dan dollar naik maka akan memperngaruhi ekonomi di mana barang-barang kebutuhan masyarakat terutama di impor dari luar akan mahal dan berdampak pada masyarakat kecil.
Apalagi Indonesia menurutnya, adalah negara yang banyak mengimpor barang dari luar.
“ Paket surat kita tujukan kepada pemerintah saat ini , khususnya Presiden , isinya penyampaian aspirasi kami agar pemerintah cepat mengambil respon dan tindakan untuk menstabilkan rupiah yang mulai melemah dan sistim perekonomian, itu yang kita sampaikan kepada pemerintah,” katanya.
Mengenai kalung medali emas yang dikirimkan menurutnya, bentuk sindiran atau kritikan yang diberikan kepada pemerintah saat ini , bahwa prestasi negara bukan melalui olahraga saja tapi masalah yang di hadapi Indonesia saat ini dimana rupiah melemah sampai Rp15 ribu dari dollar dianggap hal yang kurang baik dan itu prestasi yang di dapat pemerintah saat ini.
“ Ini menyadarkan kita semua bahwa kita harus memperbaiki Indonesia lebih baik lagi,” katanya.
Dan selain mengirimkan paket surat menurutnya mereka akan lanjutkan orasi dan treatrikal di Bundara air mancur Palembang.
Dalam aksinya orasi , puluhan mahasiswa membawa atribut lengkap. Spanduk-spanduk bertuliskan save rupiah, rupiah menguat? Menguatirkan dibentangkan di kawasan BAM Palembang, mahasiwa juga membagikan selebaran tentang melemahnya rupiah kepada para pengendara yang melintas. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Harapkan Puskesmas di Sumsel Harus Aktif Jemput Bola

Palembang, BP Sejak program jaminan kesehatan yakni BPJS diterapkan di Indonesia, masih banyak masyarakat di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang ...