Home / Headline / Evaluasi Pendidikan Sejarah Di Sekolah Di Sumsel

Evaluasi Pendidikan Sejarah Di Sekolah Di Sumsel

BP/DUDY OSKANDAR
Para pemenang, juri dan panitia Lomba Cerdas Cermat (LCC) sejarah yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Sumatera Selatan, yang digelar 4 sampai 5 September, dengan mengangkat tema menumbuh kembangkan nilai-nilai Kearifan Lokal, pada generasi muda untuk menghidupkan jati diri bangsa di gelar di aula SMAN Sumsel di Jakabaring, Palembang, Rabu (5/9) saat berpoto bersama.

Palembang, BP
Lomba Cerdas Cermat (LCC) sejarah yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Sumatera Selatan, yang digelar 4 sampai 5 September, dengan mengangkat tema menumbuh kembangkan nilai-nilai Kearifan Lokal, pada generasi muda untuk menghidupkan jati diri bangsa di gelar di aula SMAN Sumsel di Jakabaring, Palembang, Selasa (4/9) akhirnya selesai.
Salah satu juri LCC , Vebri Alintani menilai bangga kalau anak daerah bisa mengalahkan anak dari Palembang, tetapi harus kompetitif.
“ Tapi kalau kita melihat tadi , peserta dari Palembang bukan di kalahkan anak daerah karena Palembang lemah dalam hal sejarah, kita tidak bisa menyalahkan anak, saya kira yang harus kita evaluasi adalah bagaimana pendidikan sejarah di sekolah, berapa jam, metodenya seperti apa,” katanya, Rabu (5/9).
Selain itu menurut Ketua Dewan Kesenian Palembang ini , dia melihat bagaimana menimbulkan kecintaan anak kepada sejarah dan tentu sekolah menjadi point penting tapi dari segala pihak misalnya , pihak Dinas Pendidikan , guru-guru sendiri dan masyarakat , aktivis kebudayaan dan media.
“ Ini menjadi PR bersama, bagaimana nanti mengadvokasi pemerintah , atau dinas pendidikan agar lebih memperbanyak aktivitas sejarah, jadi kalau jam sekolah berkurang , kita minta bagaimana itu di tambah, kalau jam belajar maksimal dan pelajaran sejarah kurang, maka kita perbanyak aktivitas sejarah dengan berbagai cara , seperti lomba tutur sejarah, lomba monolog sejarah dan sebagainya, tidak salahnya kita terapkan di sini,” katanya.
Sedangkan juri lain, Kemas Ari Panji menambahkan mengucapkan selamat kepada para pemenang LCC terutama ini satu kejutan dimana siswa dari luar kota Palembang menjadi juara I , II dan III.
“ Bukan Palembang tidak baik tapi anak daerah lebih siap, “ katanya.
Untuk sejarah lokal menurutnya siswa banyak tidak tahu, dalam arti mereka tidak mempelajarinya , “ Ini Pr diknas kota dan Provinsi , MGMP dan aktivitas yang terlibat dan masyarakat, bagaimana kedepan ada peluang untuk sejarah lokal atau nanti di tambah dalam muatan lokal atau memang ada pencetakan buku-buku sejarah lokal yang dibagikan kesekolah, apapun bentuknya itu harus ada porsi sejarah lokal, karena mengenal sejarah bangsa dari kita dulu tidak bisa orang lain,” katanya.
Ketua MGMP Sejarah Sumsel, Mery Anggraini mengatakan, kalau terlaksananya kegiatan ini adalah kerjasama semua pihak baik peserta didik, peserta lomba, guru pendamping teristimewa pihak SMAN Sumsel yang memberikan fasilitas sarana dan prasarana , panitia dari sekolah di daerah termasuk koordinasi dari pihak Diknas Sumsel.
Sedangkan Kepala Bidang SMA Disdik Provinsi Sumsel Boni Syafrian mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di tahun selanjutnya.
Menurutnya sejarah perlu di galakkan di kalangan siswa agar anak anak sekolah tidak lupa dengan sejarah, apalagi anak-anak yang masuk IPS menurutnya jika itu pilihannya maka itu akan membawa mereka kearah sukses.#osk

Baca:  Lahan 1,5 Heaktare Ditimbun Diduga Tanpa Berijin

 

Para pemenang Lomba Cerdas Cermat (LCC) sejarah yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Sumatera Selatan, yang digelar 4 sampai 5 September, dengan mengangkat tema menumbuh kembangkan nilai-nilai Kearifan Lokal, pada generasi muda untuk menghidupkan jati diri bangsa di gelar di aula SMAN Sumsel di Jakabaring, Palembang.

Lomba Cerdas Cermat Sejarah

Baca:  Parpol dan Kandidat Tidak Boleh Tutup Mata Soal DPT

1. SMA I Belitang (OKU Timur)
2. SMA 1 Rambutan (Banyuasin)
3. SMA Purwodadi (Musi Rawas)
4. SMA I Sarolangun (Muratara)
5. SMA 5 Palembang
6. SMA 2, Sekayu (Muba)

Lomba Yel-Yel

1. SMA 1 Rambutan, Banyuasin
2.SMA 1 Jejawi OKI
3. SMA Empat Lawang

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Zaskia Gotik Meriahkan  Panggung Prajurit dan Pesta Rakyat di Lanud SMH Palembang

Palembang, BP PANGKALAN TNI Angkatan Udara Sri Mulyono Helambang (SMH) Palembang, menggelar acara Panggung Prajurit dan pesta rakyat yang dikemas ...