Home / Sumsel / Gubernur Dukung Kerja Sama UIN dan UID Iran

Gubernur Dukung Kerja Sama UIN dan UID Iran

Palembang, BP–Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mendukung terhadap segala bentuk kerjasama yang terjalin antara Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan University of Islamic Denomination (UID) Iran. Terlebih, kerjasama itu berperan penting dalam mengembangkan peradaban Islam di Indonesia maupun dunia.
Alex mengatakan, sejak dulu bangsa Persia sudah terkenal dengan orang-orang yang pandai, cerdas serta cendikiawan terkemuka. Atas dasar itulah ia meyakini kerjasama UIN RF dan UID akan berpengaruh besar pada pengembangan UIN RF di Sumsel kedepan.
“Sejak dulu zaman kemaharajaan Persia, negara ini menjadi salah satu pusat kemajuan tekonolgi dan budaya. Karena itu tepat sekali jika UIN melakukan kerjasama dengan mereka,” ujar Alex saat menerima 8 orang delegasi UID Iran, di Griya Agung Palembang, Selasa (4/9).
Masih dikatakan Alex, Sumsel yang terkenal sebagai pusat kerajaan Sriwijaya juga memiliki sejarah kemahsyuran sejak 1.300 tahun yang lalu. Kerajaannya menguasai Selat Malaka yang menjadi selat paling sibuk di dunia yang dilintasi jalur sutra.
“Kemasyuran dua kerajaan ini menjadi latar belakang yang penting untuk menjalin kerjasama. Nantinya diharapkan, kerjasama dua universitas ini bisa membangkitkan peradaban Islam,” jelas Alex.
Menurut Alex, Sumsel bukanlah provinsi yang besar dan kaya. Namun, masyarakat-nya memiliki kemauan yang besar untuk maju. Kemauan untuk bangkit dari musuh terbesar agama kemiskinan dan kebodohan. Untuk itulah, Sumsel fokus program pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan dan penciptaan lapangan kerja. Sehingga kedepannya, generasi muda bisa memiliki daya saing tinggi.
Diharapkan Gubernur Alex, kerjasama akademik antara kedua universitas tersebut nantinya bisa menghasilkan terobosan besar di bidang riset dan teknologi.
“Apalagi jika Kompleks Islamic Center yang menjadi lokasi UIN Raden Fatah Palembang selesai dikerjakan, maka akan menjadi universitas Islam terbesar di Indonesia,” tutur Alex.
Di tempat sama, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Teknologi UID Iran Mr DR Hojatollah Ebrahimian mengatakan, sangat bangga dan merasa terhormat bisa diberikan kesempatan bertatap muka langsung dengan orang nomor satu di Sumsel.
“Bagi kami, nama Palembang sudah sangat familiar karena sudah beberapa kali melakukan kerjasama dengan UIN RF. Adapun maksud kedatangan kami adalah ingin meminta arahan mengenai kelanjutan hubungan kerjasama ini di masa mendatang,” jelasnya.
Ebrahimian juga mengatakan, Kota Palembang sangat penting bagi pihaknya, karena mereka tahu dalam sejarahnya Palembang adalah pusat kerajaaan pertama di Asia yang sangat besar pengaruhnya yakni Kerajaan Sriwijaya. Selain itu sudah sejak lama pula masyarakat di Palembang kenal dengan bangsa Persia.
“Tak lupa saya mewakili teman-teman mengucapkan  kesuksesan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games. Keramahtamahan warga diakui atlet Iran dan mereka mengaku sangat terkesan selama Asian Ganes,” tutupnya.
Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Sirozi mengatakan, kedatangan delegasi UID Iran ke UIN Raden Fatah dalam rangka kerjasama di bidang akademik. Sebelumnya para dekan dan dosen UIN sudah lebih dulu melakukan kunjungan ke UID Iran dengan menyambangi empat kota besarnya.
“Sudah bebrapa kali kita MoU melakukan pertukaran profesor dan doktor. Mereka ini kerjasamanya di banyak kegiatan seperti seminar, kuliah umum hingga publikasi. Jadi ini adalah kunjungan balasan mereka,” pungkas Sirozi. #adv
Baca:  Alex Noerdin Siap Pasang Badan, Pertahankan Sumsel Kondusif
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

KPU Sumsel Proses Percetakan APK

Palembang, BP   Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel masih memproses pencetakan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk partai politik peserta pemilu. ...