Home / Headline / DPRD Sumsel Terima Surat Pengunduran Diri H Alex Noerdin dan H Ishak Mekki

DPRD Sumsel Terima Surat Pengunduran Diri H Alex Noerdin dan H Ishak Mekki

BP/IST
M Yansuri

Palembang, BP

Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ternyata telah menerima surat pengunduran diri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan Wakilnya, H Ishak Mekki.

Surat Pengunduran diri keduanya disampaikan mengingat keduanya bakal maju sebagai caleg DPR RI pada pemilihan legislatif 2019 mendatang. Alex maju dari dapil Sumsel 2, sedangkan Ishak maju dari dapil Sumsel 1.

“Pak Alex sudah mengajukan mundur sejak tanggal 10 Juli lalu, kalau pak Ishak surat yang kami terima sejak 27 Agustus lalu,” kata Plt ketua DPRD Sumsel, M Yansuri didampingi sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan.S Basyeban, Selasa (4/9).

Dikatakan Yansuri, DPRD akan mengelar rapat paripurna pengumuman pengunduran diri gubernur dan wakil gubernur setelah komisi pemilihan umum (KPU) RI mengeluarkan daftar caleg tetap (DCT) pada 23 September.

“Kalau sudah masuk DCT maka setelahnya DPRD akan menggelar rapat paripurna istimewa,” kata politisi Golkar ini.

Menurutnya jika gubernur dan wagub mengundurkan diri maka kepala daerah akan diisi oleh penjabat dari Kementrian Dalam Negeri sampai jabatan gubernur berakhir yaitu pada November mendatang.

“Karena masa jabatan akan berakhir pada 7 November maka akan ditunjuk penjabat terlebih dahulu. Sebelum ada pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih 2018-2023,” jelas dia.

Apakah DPRD Sumsel telah menerima surat undangan pelantikan gubernur terpilih pada 27 September mendatang? Sampai dengan saat ini DPRD Sumsel belum menerima surat undangan secara langsung.

“Kalau diundang kita pasti datang karena mewakil lembaga DPRD Sumsel bersama dengan forum koordinasi pimpinan daerah lainnya,” kata dia.

Ditambahkan Yansuri, pelantikan sendiri akan dilakukan istana negara bersama dengan gubernur terpilih provinsi lain yang langsung dilakukan Presiden RI.

“Kalau dulu pelantikan dilakukan di masing-masing provinsi namun sejak zaman pak Jokowi karena pilkada serentak pelantikan dilakukan di istana,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Maling Kuras Harta Firdaus, HP, Uang Tunai dan Tabung Gas di Bawa Kabur

Palembang, BP Lagi pencuri beraksi, kali ini rumah di milik Firdaus Muslim (62) di Jalan Gub HA Bastari, 8 Ulu, ...