Home / Sumsel / Sumsel Jadi Barometer Dunia Basket

Sumsel Jadi Barometer Dunia Basket NBA Asah 5.000 Pelatih & Guru Olahraga

Palembang, BP–Setelah sukses memajukan olahraga bola basket di Sumatera Selatan melalui langkah konkret dengan melakukan lokakarya kurikulum Jr National Basketball Association (NBA) yang dilaksanakan di enam kabupaten/kota di Sumsel. Kini, NBA akan kembali mengasah 5.000 pelatih dan guru olahraga di Bumi Sriwijaya.
Konsul Amerika Serikat Mr Juha P Salin mengatakan, Provinsi Sumsel saat ini telah menjadi barometer untuk perkembangan basket bagi anak-anak muda dan bagi provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Melihat perkembangan basket di Sumsel semakin maju, tentunya ini akan menjadi kerja sama jangka panjang.
“Jr NBA memberi komitmen kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk perkembangan basket yang ada dan perkembangan ini bukan hanya tahun ini dan tahun depan, namun tahun-tahun selanjutnya,” ujar Mr Juha di sela-sela pertemuannya dengan Gubernur Alex Noerdin, di Griya Agung Palembang, Senin (3/9).
Menurut dia, pihaknya pun sangat menghargai kerja sama tersebut, akan tetapi bukan hanya dengan Pemerintah Provinsi Sumsel saja, melainkan dengan Pemkab/Pemkot di Sumsel. Untuk itu, rencananya pada 20 September 2018, akan dimulai pelaksaanaan program tersebut ke level yang lebih tinggi.
“Jadi kami akan melatih sampai 5.000 pelatih dan guru olahraga basket sekaligus. Pelatihana itu termasuk yang pertama kali dilakukan, pelatihan di satu gedung selama sehari. Jadi Sumsel bukan hanya pioner pelaksanaan pelatihan basket Jr NBA, tapi akan menjadi pelaksanaan program yang dapat ditiru bagi daerah lainnya,” kata Mr Juha.
Ditambahkan Perwakilan dari Jr NBA Mr Jim Wong, lokakarya tersebut bertujuan lebih memajukan olahraga basket di Sumsel. Pelatih dan guru olahraga diberi beragam pelatihan, seperti, pelatihan lapangan, pelatihan daya tahan dan pengkondisian, serta pendidikan basket.
“Kita pilih Sumsel karena Pemprov Sumsel sangat antusias dan serius, bahkan telah memiliki infrastruktur yang bagus,” ungkap dia.
Ia juga mengungkapkan, setelah pelatihan nanti pihaknya pun berkomitmen langsung berhubungan dengan guru yang ikut pelatihan selama tiga bulan kedepan.
“Program Jr NBA juga telah menjangkau ratusan ribu anak-anak, orangtua serta pelatih di Indonesia sejak 2014. Program ini memberikan nilai positif olahraga serta pentingnya gaya hidup aktif dan sehat,” jelas Jim Wong.
Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menjelaskan, penunjukan Sumsel sebagai lokasi program pelatihan dinilai dari keseriusan pemerintah daerah untuk memajukan dunia olahraga. Bahkan, jauh sebelum Asian Games, kontribusi dan perhatian Pemprov Sumsel terhadap dunia olahraga sangat tinggi.
“Tercermin dari berbagai fasilitas olahraga yang dibangun di Jakabaring Sport City. Sehingga, kita mendapat perhatian dunia. Termasuk juga dari Jr NBA,” tutur Alex.
Masih dikatakan Alex, ditambah lagi dengan suksesnya Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games. Alasan berbagai pihak mengapresiasi Sumsel sebagai tuan rumah disebabkan dengan segala keterbatasan yang dimiliki bisa menggelar event semegah Asian Games.
“Dibandingkan Jakarta yang dana APBD-nya tinggi, Sumsel tidak ada apa-apanya. Tapi Sumsel bisa sejajar berkat kerja keras dan kegigihan pemerintahnya,” pungkasnya. #adv
Baca:  Alex Noerdin Lapor SPT Menggunakan Ponsel
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pilpres, PBB Masih Netral, PAN-Hanura Solid Dukung 1 dan 2

Palembang, BP Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Palembang, Chandra Darmawan mengaku, hingga saat ini, PBB belum tentukan arah ...