Home / Sumsel / Pemprov Kucurkan Rp60 Miliar Untuk Pembebasan Lahan Musi VI

Pemprov Kucurkan Rp60 Miliar Untuk Pembebasan Lahan Musi VI

Palembang, BP–Kendala tak selesainya Jembatan Musi VI yang tengah dibangun di Kota Palembang karena masih adanya lahan warga yang belum dibebaskan. Dalam pembebasan lahan tersebut terdapat kurang lebih 45 rumah atau lahan yang belum dibebaskan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.
Untuk mempercepat pengerjaan jembatan yang menghubungkan kawasan Seberang Ilir dan Seberang Ulu, Pemerintah Provinsi Sumsel telah mengganggarkan dana sebesar Rp60 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun ini.
Kabid Jalan PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Muchtar mengatakan, memang pengerjaan Jembatan Musi VI terkendala dana ganti rugi untuk pembebasan rumah dan lahan warga. Mengingat, Pemprov Sumsel juga belum memiliki dana untuk pembayaran ganti rugi tersebut.
“Permasalahan pembangunan Musi VI ini klasik, karena lahannya masih  ada yang belum dibebaskan. Tetapi kita pastikan kendala itu akan segera diatasi, karena ganti rugi itu sudah dianggarkan di APBD Perubahan sekitar Rp60 miliar,” kata dia, Minggu (2/9).
Dikatakan Muchtar, untuk sisa pengerjaan fisik jembatan tersebut sampai saat ini realisasinya sudah mencapai 70,6 persen. Karena progres terlambat dan tak sesuai dari target, maka jembatan itu tak terkejar untuk difungsikan saat Asian Games di Palembang.
“Dari informasi terakhir yang diterima per Agustus 2018, progres Jembatan Musi VI secara keseluruhan baru mencapai 70,6 persen,” tambah dia.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar yang dibincingai belum lama ini memastikan pembebasan lahan pembangunan Jembatan Musi VI tak ada kendala lagi, karena dananya sudah dianggarkan.
“Pembebasan lahan Musi VI itu sudah selesai, telah kita anggarkan di APBD Perubahan tahun 2018 ini, jadi sudah selesai,” kata Nasrun.
Nasrun yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menegaskan jika ganti rugi lahan untuk pengerjaan Jembatan Musi VI sudah selesai di anggaran perubahan 2018.
“Saya nyatakan itu sudah ditargetkan selesai dianggaran perubahan 2018. Kalau ingin lebih detailnya silahkan tanya ke BPKAD Sumsel,” ungkapnya.
Untuk masalah teknis di lapangan dirinya mengaku itu bukan kewenangannya. Namun, itu semua urusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi VI.
“Untuk teknisnya bisa tanyakan langsung ke PPK-nya saja atau ke Dinas PUBM dan Tata Ruang Provinsi Sumsel,” singkat dia. #adv
Baca:  Polda Selidiki Dugaan Panwaslu Tak Netral di Empatlawang
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pilpres, PBB Masih Netral, PAN-Hanura Solid Dukung 1 dan 2

Palembang, BP Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Palembang, Chandra Darmawan mengaku, hingga saat ini, PBB belum tentukan arah ...