Home / Headline / Sumsel Targetkan Terapkan Transportasi Ramah Lingkungan

Sumsel Targetkan Terapkan Transportasi Ramah Lingkungan

Gubernur Alex Noerdin menyerahkan piagam penghargaan kepada siswa peserta lomba Lego Mini Hydrocar, di Griya Agung Palembang, Jumat (31/8).

Palembang, BP–Dalam 25 tahun kedepan, Sumatera Selatan menargetkan akan menjadi pelopor energi terbarukan dengan menerapkan sistem transportasi yang ramah lingkungan tanpa emisi. Hal tersebut dilakukan guna menjamin udara bersih bagi masyarakat dan ketersediaan energi terbarukan yang memadai serta terjangkau.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel mencanangkan penggunaan transportasi berbahan bakar energi terbarukan di 2050 mendatanf. Hal tersebut tak terlepas dari potensi yang dimiliki tuan rumah Asian Games 2018 itu untuk masa depan.
Menurut Gubernur Alex, program ujicoba teknologi hidrogen sudah dimulai dengan menghadirkan mobil listrik hidrogen produk Ercubes Arcola di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dalam event Asian Games 2018, sekaligus menunjukan kepada negara-negara peserta komitmen sumsel dalam rangka mewujudkan infrastruktur energi ramah lingkungan di kawasan yang lebih luas.
“Kami berkomitmen di 2030 penggunaan energi terbarukan sebanyak 23 persen dan di 2050 target 100 persen zero emissions. Sumsel sudah memulai upaya itu dengan menjadi pionir penggunaan teknologi hidrogen,” ujar Alex, Jumat (31/8).
Di samping itu, Gubernur Sumsel dua periode ini juga mengapresiasi upaya edukasi teknologi hidrogen yang dilakukan Ercubes Arcola baru-baru ini dengan menggelar lomba prototipe mobil mini hidrogen (hydrocar) dari legi di beberapa kota Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Solo dan Yogyakarta.
“Yang jadi kebanggaan siswa-siswi kita dari SMAN Sumsel keluar sebagai juara umum, mereka mengalahkn sekolah top lain. Meski mobil yang dirakit menggunakan lego tapi jangan diremehkan, sebab mobil yang dirakit sudah bisa berjalan sejauh 50 meter pakai teknologi hidrogen, itu artinya sudah paham cara kerjanya, pelajar-pelajar inilah aset penting untuk masa depan,” kata Alex.
Untuk itu, pelopor sekolah dan berobat gratis ini berharap komitmen penerapan transportasi menggunakan energi terbarukan utamanya hidrogen harus diteruskan oleh pemerintahan selanjutnya. Paslanya, Sumsel sudah menjadi pionir implementasi program tersebut di Indonesia.
Sementara itu, Direktur PT Serba Dinamik Indonesia Nugroho Widiyantoro menambahkan,
perusahaannya sangat mendukung visi Sumsel dalam mewujudkan program energi hijau dan ramah lingkungan serta siap berkolaborasi dengan penyedia teknologi terkemuka dunia termasuk dalam hal investasi, transfer teknologi dan implementasi program.
Ditambahkan dia, dalam mengembangkan teknologi hidrogen bersama perusahaan hydrocar asal UK yakni Ercubes Arcola, pihaknya juga menggandeng Universitas Sriwijaya dan siswa-siswa pemenang lomba ‘lego mini hydorcar’ yang dianggap memiliki kompetensi di bidang tersebut juga diajak bekerja dalam satu tim di bawah binaan Unsri.
“Misal Mobil Hidrogen yang digunakan saat di kawasan JSC. Di momen uji coba tersebut ternyata tidak ada kendala apapun, stasiun pengisian bahan bakarnya juga sudah disediakan. Untuk itu kita terus kampanyekan hal ini pada masyarakat,” pungkasnya. #adv
Baca:  Perkenalkan Kain Jumputan Khas Sumsel Melalui Bazar Amal Tahunan
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Prabowo Gugat ke MK Jika Hasil Hitung KPU Tidak Memenangkan Dirinya

Jakarta, BP — Jurubicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, membuka kemungkinan pihaknya menggugat ke Mahkamah Konstitusi ...