Home / Headline / Kerahkan Pesawat ‘Piper Cayenne’ Untuk Hujan Buatan di Sumsel

Kerahkan Pesawat ‘Piper Cayenne’ Untuk Hujan Buatan di Sumsel

Pesawat piper ceyenne yang dikerahkan BPPT saat tiba di Palembang, Kamis (30/8).

Palembang, BP–Untuk memperkuat dukungan hujan buatan dalam rangka pengamanan Asian Games yang tengah berlangsung di Kota Palembang dari bencana asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), BPPT menyiapkan tambahan pesawat piper ceyenne untuk hujan buatan di Sumatera Selatan.

Baca:  Pemprov Terima 11 Unit Kendaraan Operasional Karhutla

Kepala Bidang Pelayanan Teknologi, Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Sutrisno mengatakan, pesawat tersebut saat ini sudah tiba di Kota Palembang. Pesawat piper ceyenne adalah pesawat milik BB-TMC, BPPT yang dioperasikan oleh OC91 BB-TMC, BPPT. “Hari ini (kemarin-red) pesawat itu baru tiba di Palembang,” kata Sutrisno, Kamis (30/8).

Dijelaskan dia, pesawat itu berbeda dengan pesawat Cassa 212-200 yang menggunakan bahan semai powder NaCl dan bahan semai ditaburkan ke dalam awan atau atas awan.

Baca:  Sejuta Fatihah dan Shalawat Cegah Karhutla

“Kalau pesawat piper ceyenne menggunakan bahan semai flare dan terbang di bawah dasar awan, bahan semai akan masuk ke dalam awan karena proses updraft awan tersebut,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, pesawat hujan buatan piper ceyenne ini sering digunakan pihaknya untuk hujan buatan dalam rangka mengisi danau Matano dan Towuti, DAS Larona, Sorowako, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca:  Tetapkan Status Siaga, Fokus Pencegahan Karhutbunlah

“Kita akan gunakan pesawat piper ceyenne karena pesawat ini jangkauannya lebih luas,” tutupnya. #rio

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kebakaran Berturut-turut, Rumah Zawawi Ludes Saat Subuh

Muaraenim, BP—Selama dua hari berturut-turut telah terjadi kebakaran rumah warga di Muaraenim. Kali ini rumah milik Zawawi, warga Desa Gunung ...