Home / Headline / KPU Palembang Tetapkan DPT Pileg Dan Pilpres 2019

KPU Palembang Tetapkan DPT Pileg Dan Pilpres 2019

BP/IST
Ketua KPU Palembang Firamon Syakti

Palembang, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan digunakan pada pemilu serentak Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, dengan jumlah pemilih sebanyak 1.123.228, terdiri dari pemilih laki- laki sebanyak 555.848 pemilih dan 567.380 pemilih perempuan.
Penetapan ini tertuang dalam berita acara KPU Palembang nomor: 278/PL.01.2-BA/01/Kota/VIII/2018, melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPSHP dan Penatapan DPT Pemilu tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula KPU Palembang, Selasa (21/8).
Rapat pleno yang dipimpin ketua KPU Palembang Firamon Syakti dan 3 komisioner KPU lainnya itu, dihadiri ketua Bawaslu Palembang M Taufik dan 4 komisioner lainnya, perwakilan parpol peserta pemilu, PPK se Palembang dan operator Sidalih KPU Sumsel.
Penetapan DPT itu sendiri sempat mendapat protes dari Bawaslu Palembang, karena hasil pleno DPT ditingkat PPK se Palembang mayoritas tidak melalui Sidalih (Sistem data pemilih) yang ada di KPU dan cenderung manual.
Meskipun begitu, Ketua KPU Palembang Firamon Syakti tetap melakukan penetapan, karena berdasarkan paaal 32 PKPU nomor 11 tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih di dalam negeri dalam penyelenggaraan pemilu dan Surat Edaran KPU RI nomor:853/PL.02.1-SD/01/KPU/VIII/2018 pada 10 Agustus lalu, perihal penyusunan DPSHP akhir dan penetapan DPT, dimana sesuai tahapan berakhir pasa 21 Agustus.
“Sidalih memang bermasalah, kalau kami tidak menetapkan akan salah. Ini buah simala kamah, tapi kita ingin menyakinkan data sebaik mungkin karena sempurna tidak ada, hanya milik Allah,” kata Firamon.
Menurut Firamon, KPU Palembang selama ini berkoordinasi dengan KPU RI, terkait upload data melalui sidalih, dan berdasarkan instruksi secara Whatsaapps (WA), pihaknya diinstruksikan untuk menjalankan sesuai tahapan, sambil melakukan perbaikan data pemilih melalui sidalih.
“Sesuai WA KPU RI, proses melalui sidalih bisa dilakukan hingga 28 Agustus. Jadi bagi PPK dan PPS yang berita acaranya belum sama dengan sidalih, mohon siselesaikan paling lambat 27 Agustus, karena 28 sudaj final. Ini informasi KPU RI, mudah- mudahan teknisnya ada surat edaran nantinya,” ujar Firamon.
Sementara ketua Bawaslu Palembang M Taufik, jika sebagian besar rekap yang dilakukan PPK tidak dilakukan melalui sidalih, dan jelas itu masuk pelanggaran sebab pihaknya sudah mengingatkan penwtapan DPT oleh KPU harus sesuai undang- undang nomor 7/2017 pasal 2108 dan PKPU no 11/2018 pasal 40 yang mengamanatkan rekap DPT dilakukan dengan sistem sidalih.

Baca:  PPP Romy Duduki Sekretariat PPP Diponegoro, PPP Sumsel Bersyukur

“Kami mengingatkan rekan KPU Palembang yang akan menetapkan DPT alangkah baiknya berdasarkan aturan perundang-undangan. Terkait surat yang disampaikan KPU (surat rekomendasi) akan kita jawab. Tapi dari hasil pantauan kita KPU menetapkan DPT sebagian besar tidak berdasarkan penyusunan sidalih, tapi ini juga jadi dilema karena tahapan terakhir KPU harus menetapkan DPT,” jelasnya.
Anggota Bawaslu Palembang Dadang melanjutkan, pada hari terakhir upload melalui sidalih ia melihat tidak ada keseriusan dari KPU Palembang untuk melakukan sesuai aturan yang ada, dan hal ini tidak tertutup kemungkinan akan ada pelanggaran yang bisa dibawak ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).
“Saya memantau dari malam hingga pagi, dimana kawan PPK dan PPS ngerutu karena gunakan paket sendiri dan tetap susah masuk sidalih. Seharusnya ada solusi, dan ini kesan main- main, dimana bola liar diarahkan ke kami dan minta rekomendasi Bawaslu. Kita tidak mau jadi bamper dan semuanya kita serahkan ke KPU Palembang, nanti kita pelajari dan apa rekomendasi yang kita keluarkan tunggu saja,” katanya.
Berdasarkan data yang ada, DPT Pemilu 2019 di kota Palembang mengalami kenaikan hampir 100 ribuan, dari 1.099.195 pemilih pada Pilkada 2018, menjadi 1.123.228 pemilih.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jelang Porprov Percasi PALI Gelar Piala Bupati Kelima

PALI,  BP Komite Olahraga  Nasonal Indonesia (KONI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) kembali ...