Home / Headline / Sumsel Harus Manfaatkan Potensi Yang Ada

Sumsel Harus Manfaatkan Potensi Yang Ada

BP/IST
Ketua Komisi III DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Holda Herman

Palembang, BP
Ketua Komisi III DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Holda Herman mengatakan, turunnya PAD sumsel disebabkan karena turunya DAK, DAU dan dana pusat lainnya, sehingga berimbas pada turunya PAD Sumsel. Oleh karena itu untuk meningkatkan PAD Sumsel maka pemerintah harus memanfaatkan potensi yang ada untuk menjadi sumber PAD kedepan.

“Bukan hanya Sumsel dana dari pusat turun namun daerah lain juga, oleh karena itu maka pemerintah harus mengali potensi sumber PAD kedepan,” kata Holda, Senin (20/8).
Dikatakan Holda, dengan kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah ini menjadi sumber bagi pemerintah untuk mengali potensi PAD, termasuk juga untuk meningkatkan pajak kendaraan bermotor maupun alat berat.
“Jangan terlalu menargetkan yang tinggi, namun bagaimana penerimaan pajak yang belum optimal harus digali seperti kendaraan bermotor dan alat berat yang belum begitu baik,” katanya.
Sebelumnya dalam nota kesepakatan kebijakan umum perubahan APBD serta prioritas dan plafond anggaran sementara perubahan tahun anggaran 2018, mengalami kenaikan Rp 2,3 triliuan atau sebesar 33,86 persen.

Baca:  Pesawat N 219 Bakal Diproduksi Massal

Hal ini disampaikan gubernur Alex Noerdin dalam sidang paripurna dengan agenda penyampaian jawaban gubernur APBD Perubahan yang berlangsung di gedung DPRD Sumsel, Senin (20/8).
Disampaikan Alex,Pendapatan semula Provinsi Sumsel pada APBD induk Rp 6,8 triliun menjadi Rp 9,1 triliun mengalami kenaikan Rp 2,3 triliun, kenaikan tertinggi dari sektor dana perimbangan dari pemerintah pusat.
Pada tahun ini pendapatan asli daerah (PAD) semula Rp 3,6 triliun turun menjadi Rp 3,4 triliun atau berkurang menjadi Rp 158 miliar atau 4,39 persen.
“Kemudian untuk dama perimbangan mengalami kenaikan dari Rp 3,1 triliun menjadi Rp 5,6 triliun bertambah menjadi Rp 2,5 triliun atau sebesar 79,11 persen,”kata Alex.
Sedangkan pendapatan daerah yang sah semula Rp 88 miliar menjadi Rp 70 miliar atau berkurang Rp 18 miliar atau 20,49 persen.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...