Home / Headline / Warga Palembang Dapat Gunakan LRT Secara Gratis

Warga Palembang Dapat Gunakan LRT Secara Gratis Selama Asian Games

Kunjungan media, netizan, dan masyarakat ke Stasiun LRT Jakabaring, Palembang, Minggu (19/8).

Palembang, BP–Pasca ditutup untuk umum, kini kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Sumsel kembali dibuka untuk masyarakat umum, Minggu (19/8). Masyarakat juga bisa menggunakan LRT dengan kapasitas yang tersedia atau terbatas dan itu juga tak dikenakan tarif alias gratis.

 Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel Suranto mengatakan, pembatasan yang dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk memperlancar transportasi Asian Games selama penyelenggaraan. “Namun, setelah Asian Games nanti akan kembali normal lagi. Warga sudah bisa memanfaatkan LRT Sumsel untuk transportasi sehari-hari,” ujar Suranto.

Dia menjelaskan, operasional terbatas yang dilakukan berjalan cukup lancar dan tak ada lagi kendala teknis yang menimpa kereta LRT Sumsel. Apalagi pihaknya telah menempatkan posko-posko di setiap stasiun. Baik stasiun yang sudah beroperasi maupun yang belum, sehingga, kendala teknis yang menimpa sewaktu dalam perjalanan bisa diantisipasi dengan cepat.

Baca:  Simpang Bandara - KM 12 Ditutup Total

“Seluruh petugas yang stand by di stasiun telah dicatat nama dan nomor teleponnya. Mereka bisa dihubungi sewaktu-waktu jika terjadi kendala saat perjalanan. Jalur evakuasi juga sudah disiapkan di 13 stasiun. Sehingga, jika ada kendala teknis langsung dioper ke stasiun terdekat,” katanya.

Ia juga mengatakan, untuk LRT Sumsel yang beroperasi masih empat unit ditambah dengan 1 unit sebagai cadangan. Untuk penambahan kereta belum dilakukan dalam waktu dekat mengingat jumlah penumpang yang masih terbatas.

Baca:  Usai Asian Games Tarip LRT Berlaku

“Kemungkinan setelah Asian Games. Tapi itu melihat kondisi penumpang juga,” tuturnya.

Untuk operasional stasiun, sambung dia, pihaknya masih terus melakukan penyelesaian jalur akses di 7 stasiun yang belum beroperasi. Penyelesaian jalur akses belum bisa diselesaikan dalam waktu dekat atau selama pelaksanaan Asian Games 2018. “Kalau selama pelaksanaan sepertinya masih belum. Yang jelas kami berusaha mempercepat pekerjaan,” ungkapnya.

Suranto juga mengungkapkan selama penyelenggaraan, ada satu unit trainset yang khusus untuk transportasi Asian Games. Tiga trainset-nya untuk mengangkut penumpang umum.

“Tapi, jika jumlah tersebut tidak mengakomodir kontingen atau delegasi yang datang, maka jumlah trainsetnya bakal ditambah dengan mengurangi jatah penumpang umum,” tuturnya.

Sementara itu, Humas Divre III PT KAI Palembang Aida Suryanti mengatakan, pelaksanaan operasional LRT Sumsel untuk masyarakat umum berjalan dengan lancar. Mengenai pembatasan penumpang dari Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang ke Stasiun DJKA. Pertama Stasiun Bandara sebanyak 100 penumpang, Stasiun Bumi Sriwijaya (100 penumpang), Stasiun Cinde (60 penumpang) dan Stasiun Ampera (70 penumpang).

Baca:  Teknik Pemasangan Tiang Pancang LRT Diubah

Lalu, kata Aida, pembatasan penumpang relasi keberangkatan dari Stasiun DJKA ke Stasiun Bandara adalah Stasiun DJKA sebanyak 80 penumpang, Stasiun Jakabaring (80 penumpang), Stasiun Ampera (50 penumpang), Stasiun Cinde (50 pemumpang) dan Stasiun Bumi Sriwijaya (70 penumpang).

“Antusiasme penumpang tetap tinggi walaupun ada pembatasan. Tapi pada umumnya, operasional hari ini (kemarin-red) berjalan cukup lancar. Seluruh petugas sudah terkoordinasi dengan baik untuk melayani penumpang,” pungkasnya. #rio

 

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Deklarasi damai Pemilu Legislatif di kambang iwak

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar deklarasi damai untuk pemilu legislatif 2019. Ketua KPU Sumsel ...