Home / Headline / Memudahkan Transportasi Rakyat, Kades Meranjat III Bangun Jembatan Cor Beton

Memudahkan Transportasi Rakyat, Kades Meranjat III Bangun Jembatan Cor Beton

Jembatan yang dibangun dengan sumber dana desa.

Inderalaya, BP–Guna memudahkan transportasi rakyat dari Desa Meranjat III, Kecamatan Inderalaya Selatan, Kabupaten Ogan Ilir (OI)  ke daerah perkebunan, persawahan dan pertanian, Kades Meranjat III Herwanto, MA membangun jembatan beton dan tembok penahan tanah dengan panjang 33 meter lebar 3 meter. Pembangunan jembatan beton dan tembok penahan tanah tersebut  dikerjakan selama 2 bulan dengan sumber dana desa APBN senilai Rp300 jutaan.

Kades Meranjat III Herwanto, MA

Kades Meranjat III Herwanto mengatakan tujuan pembangunan jembatan guna mempermudah akses masyarakat menuju persawahan, pertanian dan perkebunan untuk mengangkut hasil bumi,  “selama ini melintas melalui jembatan kayu yang sudah berumur 20tahun,  bahkan karena lapuknya jembatan kayu kemarin banyak memakan korban yang jatuh ke bawah. Banyak motor rusak dn warga luka-luka jatuh ke aliran Sungai Ogan.  Karena sebagai urat nadi masyarakat maka kita bangun jembatan ini,  bahkan dalam sehari ada 50orang melintas melalui jembatan ini. Selain itu ini juga ajang selfi bagi muda mudi yang ingin berfoto,” jelasnya.
Dijelaskannya untuk pemasangan pondasi sempat mengalami kendala saat air Sungai Ogan meninggi,  namun akhirnya kendala tersebut bisa diatasi.
Selain pembangunan jembatan, pihaknya juga membangun berbagai jalan desa,  menerapkan padat karya tunai dengan mempekerjakan masyarakat setempat, bahkan dari total pembangunan fisik minimal 30persen digunakan untuk upah pekerja.
Selain itu untuk bidang pemberdayaan  yaitu dengan pembayaran honor diniyah, guru paud,  usaha bumdes seperti sewa tenda,  kursi,  panggung.
“Kedepan kita berharap dana desa lebih ditingkatkan mengingat wilayah desanya terdiri dari tiga dusun,  memiliki topografi yang cukup luas 200ha, dengan jumlah penduduk 1500jiwa atau 350kk.
Ketua BPD Ahmad Bastari mengatakan sebelum pembangunan jembatan cor beton dan tembok penahan tanah sudah mencanangkannya melalui rkpdes, musdes tahun 2017 untuk direalisasikan pada 2018. “alhamdulillah masyarakat sangat terbantu dengan pembangunan di desa,  bahkan sudah banyak yang berselfi ria di jembatan,” katanya.
Pendamping Desa Pemberdayaan  Ferli Ekaputra dan Ariantoni didampingi Pendamping Lokal Desa Heriyanto mengatakan sebenarnya tahun 2017 jembatan cor beton tersebut sudah akan dibangun namun terbentur dana,  akhirnya saat ini bisa terealisasi. #hen
Baca:  Hati-hati Banyak Lubang Menganga di Jalintim Inderalaya
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...