Home / Headline / SKK Migas Eksplorasi dan Discovery Cadangan Baru

SKK Migas Eksplorasi dan Discovery Cadangan Baru

BP/IST
Media Gathering SKK Migas dan KKKS bersama Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel dan FJM Jambi, di Hotel Tanjung Pesona, Sungai Liat, Bangka, Senin (13/8).

#Termasuk di Sumsel

Sungai Liat, BP

Saat ini produksi minyak dan gas (migas), masih stabil di angka 2,1 juta Barrel Oil Equivalent Per Day (BOEPD) dan Pemerintah melalui SKK Migas akan terus meningkatkan produksi migas melalui program eksplorasi dan discovery atau penemuan cadangan baru.
Hingga 31 Juli 2018, tercatat lifting capaian hulu migas sudah 1.917 ribu BOEPD. Atau sudah 95% dari target APBN 2018 sebanyak 2.000 ribu BOEPD. Capaian penerimaan negara dari hulu migas sudah 10,1 miliar USD.
Menurut Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher, mengatakan produksi 70% memang masih dari lapangan-lapangan berumur atau sumur tua. Dan tetap optimistis akan peningkatan produksi migas ke depan. Sebab secara nasional, eksplorasi baru 40%, belum digarap 60%.
“Apakah itu (dari 60%) masuk di Sumsel, iya. Tapi pertanyaannya, itu ada dimana. Untuk eksplorasi tahun depan, disiapkan 1,6 miliar USD. Untuk sampai akhir tahun ini, 800-900 miliar USD,” kata Wisnu dalam Media Gathering SKK Migas dan KKKS bersama Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel dan FJM Jambi, di Hotel Tanjung Pesona, Sungai Liat, Bangka, Senin (13/8).
Untuk di wilayah Sumsel menurutnya, minyak masih memaksimalkan produksi dari lapangan-lapangan berumur.
“Kalau gas bagus di Sumsel, karena penemuan eksplorasi kebanyakan gas,” katanya.
Untuk menaikan produksi, SKK Migas menurutnya membentuk penemuan cadangan besar.Tahun depan bisa menggalangkan eksplorasi dan memang pertama kali dibutuhkan dalam eksplorasi adalah dana.
Setidaknya, menurutnya, untuk eksplorasi membutuhkan dana senilai Rp 1,6 miliar dolar. Dalam waktu dekat, akan melakukan eksplorasi cadangan terbesar. Selain siap melakukan eksplorasi, SKK Migas juga mempersiapkan 19 project dengan nilai Rp 19 miliar dolar.
Memang dari 19 project yang ada, lebih cenderung eksplorasi dilaksanakan di laut. Sebanyak 14 project dilaksanakan di laut dan sisa projectnya dilaksanakan di darat.
Ketika disinggung mengenai jumlah seluruh eksplorasi secara nasional baru 40 persen dieksplorasi dan itu juga termasuk di wilayah Sumsel.
Dari itulah, juga menjadi pertimbangan di Sumsel akan masuk dalam lokasi eksplorasi baru.
“Ada 225 wilayah kerja SKK Migas. Sosialisasi kegiatan migas, juga selalu dilakukan SKK Migas salah satunya di Sumsel staler atau menggunakan aplikasi yang dapat menanyakan secara runut baik foto video dan artikel. Tujuannya agar publik tahu, bila masih ada SKk Migas dan bekerja untuk hulu migas nasional,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pemuda Muhammadiyah Dukung Penuh Amrah Nyalon Wabub OI

#Harus Berpihak Kepada Rakyat Inderalaya,BP Jika benar Anggota KPU Sumsel Amrah Muslimin SE Msi bakal mencalonkan diri sebagai balon wabup ...