Home / Headline / Trend Pemuda Maju Di Pileg Kearah Lebih Baik

Trend Pemuda Maju Di Pileg Kearah Lebih Baik

BP/IST
Suasana Ngopi Bareng #BungFK di Kedai Tiga Nyonya, Sabtu (11/8), dengan tema “Pemuda Hadapi Pileg 2019” ini menghadirkan narasumber Komunikasi Politik Rahma Shanti, Praktiksi Survey (Wakil Ketua IKA FISIP Unsri) Bambang Yusantra, Pengamat Politik Tatanegara FH Unsri Dedeng Zawawi, SH, MH dan Ketua GEMA Hanura Sumsel Qodri Usman, SP dan moderator #BungFK (FatKurohman S.Sos), Sabtu (11/8).

Palembang, BP

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Bina Darma, Rahma Santi menjelaskan bahwa trend anak muda maju dalam konstalasi Pileg 2019 menunjukan trend politik sedang menuju kearah lebih baik.

Menurut Rahma, generasi muda saat ini sudah mulai memiliki kepedulian dalam mengikuti kontestasi politik. Namun dalam menghadapi Pileg 2019, mereka masih perlu mendapat pendidikan politik atau arti penting memilih anggota legislatif.

Baca:  Double Track Bisa Jadi Solusi Angkutan Batubara

Menurutnya mahasiswa masih butuh diberikan edukasi politik kenapa mereka harus memilih.

“Tren anak muda maju dalam konstelasi Pileg 2019 menunjukan tren politik sedang menuju ke arah lebih baik,” katanya pada acara Ngopi Bareng #BungFK di Kedai Tiga Nyonya, Sabtu (11/8), dengan tema “Pemuda Hadapi Pileg 2019” ini menghadirkan narasumber Komunikasi Politik Rahma Shanti, Praktiksi Survey (Wakil Ketua IKA FISIP Unsri) Bambang Yusantra, Pengamat Politik Tatanegara FH Unsri Dedeng Zawawi, SH, MH dan Ketua GEMA Hanura Sumsel Qodri Usman, SP dan moderator #BungFK (FatKurohman S.Sos), Sabtu (11/8).

Maka dari itu menurutnya, harus ada 3 hal penting yang harus menjadi perhatian. Pertama adalah personal branding di mana caleg mampu membaca potensi yang ada di dalam diri. Kemudian bagaimana melahirkan jiwa yang baru seperti gagasan politik, kreatifitas kampanye dan lainnya. Terkahir adalah kesan apa yang diterima dalam memori masyarakat.

Baca:  KPU Tunggu Surat Resmi MK

Sedangkan Praktisi Survey Sumsel, Bambang Yusantra, bahwa Party ID atau identifikasi partai di Indonesia masih sangat kecil. “Baru 10 persen masyarakat memiliki Party ID atau orang yang sudah menentukan pilihan partai, ini menjadi peluang besar bagi partai untuk bergerak dan meyakinkan pemilih”, katanya.

Menurut Bambang, perubahan suara dalam pemilu memang sangat dipengaruhi oleh Party ID dan tergantung sejauh mana strategi politik partai mampu menjawab problem masyarakat ditingkat bawah, selain itu Personal Branding caleg juga sangat menentukan tingkat memilih warga dari sana bisa kita lihat mesin partai bergerak atau tidak”, katanya.

Baca:  Timsel Ajak Masyarakat Nilai Rekam Jejak Calon KPU Sumsel

Ketua GEMA Hanura Sumsel, Qodri Usman SP mengatakan, masyarakat dan utamanya pemuda saat ini membutuhkan masukan berupa pandangan agar dapat berperan memberikan hal-hal yang bermanfaat dalam jangka panjang misalnya dengan adanya proses-pembangunan terhadap fasilitas umum seperti jalan.

Ketika informasi tentang pembangunan dari pemerintah tersumbat maka seorang legislator harus jadi penghubung yang dapat membuka informasi yang tersumbat, padahal sudah dianggarkan oleh pembangunan dalam hal proses pembangunan.

“Saya ingin turun ke lapangan untuk mendengarkan apa yang masyarakat butuhkan dan berusaha untuk membuka peluang apa yang dapat dibangun.” katanya.

“Saya menemui mulai dari RT dan yang saya tawarkan bukan uang atau menang dengan memanfaatkan segala cara tapi saya ingin menang dengan rakyat dan menyerap apa yg masyarat inginkan misalnya dengan pembangunan jalan ataupun fasilitas umum. Duduk di parlemen itu harus tahu permasalahan di masyarakat apa.

“Percuma saja dia duduk kalau tidak bisa memahami kebutuhan masyarakat,” kata Qodri.#osk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

150 Tenant Beri Diskon di ‘Palembang Great Sale’

Palembang, BP–Menyambut Asian Games 2018, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Palembang Great Sale untuk pertama kalinya digelar di ...