Home / Headline / Kunjungan Perwakilan Konsulat Tiongkok Ke Palembang

Kunjungan Perwakilan Konsulat Tiongkok Ke Palembang

KETIKA Republik Indonesia masih sangat muda, sebagian orang masih melihat bahwa status warga ex Hindia-Belanda tidak jelas. Ada yang beranggapan bahwa Republik Tiongkok (Kuomintang) harus menjadi kekuatan yang melindungi warga Tionghoa di wilayah yang dilanda konflik. Di sini kita akan melihat beberapa peninjauan oleh utusan Konsulat Tiongkok di berbagai tempat termasuk di Palembang pasca perang lima hari lima malam , Januari 1947.
Selain Palembang kunjungan dilakukan di kota , Semarang, Banyumas, dan , Purwakarta.
Nampak Konsul Tiongkok Chieng Y Pe melakukan kunjungan ke Palembang pada 18 September 1947 bersama Gubernur Jenderal Van Mook.
Kunjungan juga dilakukan para pejabat konsulat Tiongkok, termasuk para perwira militernya, ke berbagai kota di Indonesia untuk meninjau situasi yang menyangkut warga Tionghoa semasa perang kemerdekaan.

Baca:  Gunawati Thamrin Dicecar 41 Pertanyaan

Catatan: Menarik untuk dipelajari lebih lanjut:
1. Sejauh mana kunjungan-kunjungan di atas berpengaruh ke situasi warga Tionghoa saat itu.

2. Apakah ini juga mempengarugi sikap Tiongkok, sebegai pemegang kursi tetap di Dewan Keamanan, di dalam mendukung kemerdekaan Indonesia di PBB. Umumnya diketahui bahwa Tiongkok termasuk pendukung Indonesia.

3. Sejauh mana agama mengambil peran di dalam sikap Tiongkok. Chiang Kai-shek dikenal dekat dengan beberapa jenderal Muslim di jajaran tentara Tiongkok, dan para panglima perang ini loyal terhadap dia. Di saat perang kemerdekaan Indonesia, Chiang Kai-shek malah mempercayakan jabatan Menteri Pertahanan Nasional Tiongkok kepada Jenderal Bai Chongxi (Pai Chung-hsi), seorang jenderal Muslim.

Baca:  Jalan Menuju Kebun Raya Ditutup

4. Atau semua hal di atas sama sekali tidak ada peranannya, dan masalah warga Tionghoa di Indonesia tidak mendapat perhatian karena Kuomintang berkonsentrasi penuh ke masalah perseteruan dalam negeri di dalam perseteruan melawan golongan komunis pimpinan Mao Zedong?

Sumber: Indonesia Tempo Doeloe.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jalan Provinsi, Gedung Sekolah, Guru Honor Dan Rumah Sakit Daerah Butuh Perhatian

Palembang, BP Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Askweni mengatakan, Sumsel masih membutuhkan perbaikan jalan provinsi, gedung sekolah, rumah ...