Home / Headline / Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Arkoni-Azwar

Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Arkoni-Azwar

BP/IST
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati
Askolani dan Slamet Sumosentono

Palembang, BP
Mahkamah Konstitusi (MK) yang dipimpin Ketua Anwar Usman juga memutuskan perselisihan hasil pemilihan Banyuasin, Kamis (9/8) di Jakarta.
MK mengeluarkan Putusan nomor 10/PHP.BUP-XVI/2018. Gugatan diajukan oleh pemohon yaitu Arkoni MD-Azwar Hamid, hasil putusan hakim menolak atau tidak menerima gugatan pemohon.
Dikutip dari salinan putusan MK dilansir dari situs Mahkamah Konstitusi,
Dalam amar putusan mengadili, dalam eksepsi
1. Menerima eksepsi pihak terakit berkenaan dengan tenggang waktu pengajuan permohonan.
2. Menyatakan permohonan pemohon melewati tenggang waktu pengajuan permohonan.
Sedangkan dalam pokok permohonan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima
Demikian diputus dalam rapat permusyawaratan hakim oleh sembilan hakim konstitusi yang diketuai oleh Anwar Usman.
Sedangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin akan segera memplenokan penetapan Calon Bupati terpilih pasangan Solmet (Askolani dan Slamet Sumosentono) pada tanggal 12 Agustus 2018 nanti.
Ketua KPU Banyuasin, Dahri, mengatakan, keputusan MK ini bersifat final dan mengikat serta tidak ada upaya hukum lain untuk mengajukan banding.
Dengan ditolaknya berkas perkara yang diajukan paslon Arkoni dan Hazuar Hamid ini, dipastikan paslon Solmet melenggang mulus menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin terpilih untuk periode 2018-2022.
“Ya dengan keluarknya hasil di MK ini, kalau tidak ada halangan tanggal 12 ini akan segera kami plenokan Bupati terpilih pasangan Solmet,” kata Dahri, Kamis (9/8).
Penolakan MK ini jelas Dahri karena selisih perolehan suara keduanya cukup jauh diatas 2 persen sesuai ketentuan Undang-Undang Pilkada.
Sementara itu, H Askolani Jarsi SH MH Calon Bupati terpilih mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Banyuasin yang telah memenangkan paslon Solmet untuk menjadi Bupati Banyuasin 5 tahun kedepan.
Menurutnya, kemenangan ini merupakan kemenangan rakyat Banyuasin. Saatnya, semua pihak saling bahu membahu membangun bumi sedulang setudung menjadi Kabupaten terdepan.
“Mari kita bahu membahu membangun Banyuasin, yang lalu biarlah berlalu, buanglah rasa permusuhan, mari dukung kami untuk mempin Bayuasin kedepan,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPP PDI Perjuangan Targetkan Untuk Sumsel Raih 30 Persen Perolehan Kursi

Palembang, BP Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah IV dan Pembekalan  Calon Anggota Legislatif PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  di Asrama ...