Home / Headline / Jelang Asian Games, Satgas Darat Intensifkan Patroli Malam

Jelang Asian Games, Satgas Darat Intensifkan Patroli Malam

BP/IST
Suasana pemadaman karhutla

Palembang,BP

Perhelatan Asian Games XVIII 2018 yang akan digelar terutama di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) hanya meninggalkan hitungan hari. Namun, kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla) masih ada saja terjadi di beberapa daerah di Sumsel.

Berdasarkan data yang dilaporkan Dandim 0402/OKI Letkol Inf Septiyanizar, S.I.P., tadi malam terjadi kebakaran di kabupaten yang rawan terjadi Karhutbunla, yaitu di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumsel. Dua kabupaten yang berada di wilayah Kodim 0402/OKI ini, sebagian besar merupakan lahan gambut yang mudah terbakar, sehingga menjadi langganan terjadi Karhutbunla.

Baca:  Bawaslu Sumsel Gelar Touring Pengawasan

Sekitar pukul.18.40, Tim Satgas Darat melakukan patroli dan mendapatkan Karhutbunla terjadi di Desa Lebak Jejawi, Kabupaten OKI yang merupakan lahan semak belukar/brondong. Selanjutnya, pada pukul. 20.25 WIB, Karhutbunla juga terjadi di Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten OI, sekitar 1 Hektare lahan hangus terbakar yang merupakan lahan milik PT. NURHAKIM.

Baca:  Jokowi Akan Nonton Dayung Di JSC

Dandim 0402/OKI mengatakan, tadi malam kebakaran masih terjadi dan semua pihak berupaya keras memadamkan Karhutbunla di daerah tersebut. Berbagai cara pemadaman pun dilakukan, oleh Tim Terpadu Satgas Darat, TNI, Polri, MA, MPA, BPBD dibantu masyarakat desa. Pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat pemadam seperti mobil tanki, mesin pompa air dan Zet Suter, akhirnya api dapat dipadamkan.

Baca:  Janji Lebarkan Ruas Jalan Banyuasin Palembang

“Saat ini Tim di lapangan sedang menyelidiki penyebab kebakaran, termasuk petugas dari Kepolisian. Kita belum bisa memastikan apakah ini disengaja atau tidak,” kata Dandim.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gubernur Sumsel Klaim Tak Ada Lagi Angkutan Batubara Jalur Muaraenim-Palembang

Palembang, BP Terkait dengan angkutan batubara yang masih beroperasi di jalan Kabupaten Muara Enim menuju Kota Prabumulih dan Kota Prabumulih ...