Home / Pemerintahan / Asian Games di Palembang, Perbankan Siap Layani Valas

Asian Games di Palembang, Perbankan Siap Layani Valas

Palembang, BP

Jelang Asian Games 18 Agustus mendatang, perbankan mempersiapkan layanan penukaran uang (money changer) valuta asing (valas). Semua jenis mata uang asing dilayani, di sejumlah titik mulai dari kantor cabang perbankan, perhotelan hingga ke venue dan Wisma Atlet.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Selatan (Sumel) Rudi Khairuddin melalui Deputi Direktur Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumsel Muhammad Seto Pranoto mengatakan semua perbankan melayani, terutama bank pemerintah.

“Selain di kantor perbankan sendiri, penukaran mata uang bisa dilakukan di hampir semua hotel di Palembang, yang bekerja sama, dan juga di semua venue hingga wisma atlet selama perhelatan Asian Games,” kata Seto, Rabu (8/9).

Seto mengatakan, tidak ada target jumlah layanan counter secara spesifik, sebab saat ini Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki kartu ATM dari negaranya yg berlogo Visa atau Master Card yang memerlukan rupiah bisa ke ATM yang disediakan.

“Saat ini di venue Jakabaring Sport City juga telah banyak dipasang ATM, sehingga cukup membantu kelancaran transaksi,” katanya.

Seto memastikan, perbankan siap melayani transaksi keuangan pada even Asian Games. “Kami siap melayani, sehingga nantinya Asian Games diharapkan WNA tidak ada kendala dalam transaksi,” katanya.

Sementara itu, Pemimpin Wilayah Bank BNI Palembang, Dodi Widjajanto mengatakan, jelang Asian Games pihaknya melayani penukaran dan pembelian 17 Currency.

“Layanan kami siapkan pecahan besar dan kecil, setiap hari akan kami evaluasi terhadap kebutuhan dan juga jenis pecahannya selama Asian Games,” katanya.

Dikatakan, penukaran valas dilaksanakan di 15 titik layanan seperti di Kantor Cabang Palembang dan Cabamg Musi Palembang Jalan Jendran Sudriman, selain itu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Terminal Kedatangan Internasional dan Domestik.

Sementara untuk di hotel yakni, Hotel Exelton dan Hotel Arista. “Untuk di Venue Jakabaring Sport City kami menyediakan layanan di Rusunawa Tower 1 kemudian Rusunami Sport City Tower 1, Vanue Gelora Sriwijaya, Vanue Tenis.

Selain itu, Vanue Bowling, Vanue Dayung, Bola Volley Pantai, Venue Sepak Takraw, Stadion Bumi Sriwijaya. “Kami upayakan layanan di Bandara dan di Cabang sudah siap di Minggu ini, sedangkan semuanya ditargetkan sudah siap sebelum Pembukaan Asian Games,” katanya.

CEO Bank Mandiri Regional II Sumatera 2 Aribowo mengatakan selama Asian Games 2018 berlangsung, bank Mandiri tidak menyediakan Layanan Money Changer (MC) di hotel, namun layanan ini disiapkan di lokasi wisma atlit untuk dapat mempermudah kebutuhan penukaran mata uang asing bagi peserta Asian Games 2018.

“Bank Mandiri menyiapkan 11 booth Money Changer untuk dapat melayani kebutuhan penukaran uang selama Asian Games 2018 berlangsung, di JSC  terdapat 9 booth  dan SPC Media Centre sebanyak satu booth dan Domestik Arrival Bandara SMB satu booth,” katanya.

Kemudian di Mandiri Money Changer (MMC) ada di 2 cabang, yaitu Palembang Arief dan Palembang SMB II. Jika nasabah ingin melaksanakan transaksi jual beli valas dapat dilakukan di semua cabang Bank Mandiri.

Operasional booth Mandiri Money Changer Asian Games 2018 akan dimulai tanggal 10 Agustus 2018, namun seluruh cabang bank mandiri saat ini sudah dapat melayani transaksi uang kertas asing.

“Pecahan yang akan disiapkan selama Asian Games 2018 berlangsung ada 17 Mata Uang, yakni USD, EUR, SAR, MYR, CAD, SGD, KRW, GBP, JPY,CHF, TWD, AUD, AED, THB, BND, HKD dan CNY. Diperkirakan mata uang yang diperkirakan akan tinggi volume transaksinya USD, SGD, SAR, MYR, JPY CNY dan THB,” katanya.

Total keseluruhan layanan MMC yang ada selama Asian Games 2018 berlangsung ada sebanyak 13 unit (11 unit booth, 2 layanan kantor cabang Mandiri Money Changer), namun transaksi penukaran uang kertas asing tetap dapat dilakukan diseluruh cabang Mandiri terdekat. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono Raih Gelar Doktor

Jakarta, BP–Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) pada masa sebelum perubahan UUD 1945 adalah model terbaik dari dokumen hukum haluan negara ...