Home / Headline / 2019 , Al Quran Terjemahan Baso Palembang di Launching

2019 , Al Quran Terjemahan Baso Palembang di Launching

BP/DUDY OSKANDAR
Workshop pembahasan draft final penterjemahan Alquran ke dalam bahasa (baso ) Palembang yang digelar di Hotel Emilia, Palembang, Kamis (9/8) selesai digelar.

Palembang, BP
Workshop pembahasan draf final penterjemahan Alquran ke dalam bahasa (baso) Palembang yang digelar di Hotel Emilia, Palembang, Kamis (9/8) selesai digelar.

Tim penerjemah Alquran kedalam baso Palembang akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah dan masyarakat, tim penterjemah dan institusi UIN Raden Fatah dan Fakultas.
Ketua tim Penerjemah Alquran kedalam baso Palembang dari Universitas Islam Negeri (UIN ) UIN Raden Fatah Palembang DR. Alfi Julizun Azwar, M.Ag yang juga merupakan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Perbandingan Islam UIN Raden Fatah Palembang mengatakan , hari ini penterjemahan Alquran dalam baso Palembang sudah selesai dan 2019 akan ada validasi untuk keseluruhan terjemahan dimana tim validator akan berkerja dari tim inti yang ada , jika dimungkinkan ada penambahan maka akan dilakukan .
“Dari validasi akan diseminarkan , kita akan melibatkan tokoh-tokog masyarakat dan agama, untuk sekian hari dan akan di layoutkan baru akan di tashi baru di cetak dan setelah itu di launching baik bersama kementrian agama pusat , pemerintah daerah melibatkan dinas lain,” katanya.
Selain itu ini menurutnya ini bukan tugas akhir dari kegiatan ini tapi akan berlanjut, “Jadi hari ini selesai untuk tahun 2018, dan untuk 2019 Insya Allah akan dilanjutkan sampai lauching,” katanya.
Penerjemahan Alquran baso Palembang kali ini menurutnya merupakan penerjemahan tahap dua yaitu dari juz 15 hingga juz 30 dan Mei 2018 lalu penerjemahan dilakukan untuk Juz 1 sampai juz 15.
“Kita juga adakan workshop untuk memberikan masukan-masukan , terhadapan terjemahan ini,” katanya.
Pihaknya berharap dengan Al Quran baso Palembang ada media bagi masyarakat memahami Al Quran terutama masyarakat yang tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik,
“ Dan bagi mereka yang paham baso Palembang yang alus itu dalam rangka memahami dan mempelajari Al Quran dan kita melestarikan bahasa Palembang dan Al Quran baso Palembang bisa masuk dalam institusi pendidikan guna menjadi media dakwah dan untuk kurikulum termasuk pendidikan formal dan non formal,” katanya.
Dia berharap Alquran memiliki potensi bisa diterjemahkan dalam bahasa daerah lain di Sumsel seperti Sekayu, Semendo, Lahat dan sebagainya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Penanganan Banjir di Kota Palembang Harus Fokus

Palembang, BP Banjir yang di terjadi di kota Palembang beberapa hari yang lalu nampaknya tidak pernah tuntas dibenahi oleh Pemerintah ...