Home / Headline / Hewan Kurban yang Dijual Harus Miliki Surat Sehat

Hewan Kurban yang Dijual Harus Miliki Surat Sehat

Palembang, BP–Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang menyebutkan bahwa hewan kurban yang dijual menjelang Hari Raya Idul Adha ini harus memiliki surat sehat. Sebab, hewan sehat menjadi salah satu syarat berkurban.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti mengatakan, memiliki surat sehat tersebut untuk memastikan bahwa hewan hewan yang dijual ini sesuai dengan salah satu syarat pemotongan kurban.

“Untuk penjualan hewan kurban, dicek kesehatannya dan setiap pedagang harus dipastikan memiliki surat keterangan sehat ini, setelah hewan dicek dan diperiksa kesehatannya, maka akan dikeluarkan surat keterangan sehat,” katanya.

Baca:  Alumni SMPN 27 Palembang Angkatan 92 Kurban 2 Ekor Sapi

Sayuti mengatakan, untuk pengawasan hewan kurban dari pemerintah melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban ke pedagang dan peternak. Kemudian, standar lainnya untuk hewan kurban ini harus sesuai dengan ketentuan untuk kurban. “Ya tentu harus sesuai ketentuan kurban, seperti usia hewan kurban baik sapi maupun kambing, tidak cacat dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan, hewan yang sehat itu, dilihat dari mata, telinga serta fisiknya. Jika hewan kurban itu terlihat lebih aktif maka dapat dipastikan hewan tersebut sehat, jika hewan tersebut terlihat lesu maka hewan tersebut sakit. “Kalau penyakit, memang biasa ditemukan tapi penyakit hewan biasa. Seperti flu atau cacingan,” katanya

Baca:  Dapur Qurban ACT Menyasar Daerah Rawan Aqidah

Salah seorang penjual hewan Kurban, Parman mengatakan, dirinya menjual sapi lokal yang aman dan sehat. Ia  menjual sapi dengan harga Rp18 juta untuk bobot sapi sebesar 120 kg. Pihaknya memastikan hewan yang dijual adalah sehat. “Sapi yang kami jual semuanya kami beri makan rumput sehingga aman dan sehat,” katanya.

Untuk harga sapi di pasaran sangat bervariasi sesuai dengan bobot berat sapi. Untuk sapi yang beratnya 90 kg dihargai sebesar Rp15 juta. Sementara harga kambing cukup bervariasi, mulai dari Rp2 juta – Rp3,5 juta perekornya. “Kami menjual khusus sapi lokal yang kami beli dari peternak Lampung,” ujarnya. #pit

Baca:  Dapur Qurban ACT Menyasar Daerah Rawan Aqidah

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kolam Renang Garuda Bakal Miliki Taman Garuda Pancasila

Palembang, BP Kolam Renang Garuda yang terletak di Jalan Hang Tuah, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang adalah kolam renang ...