Home / Headline / Angkat Kejayaan Kerajaan Sriwijaya Melalui Tehnologi Audio Visual

Angkat Kejayaan Kerajaan Sriwijaya Melalui Tehnologi Audio Visual

BP/DUDY OSKANDAR
Direktur Utama TVRI Helmi Yahya saat menjadi pemateri dalam Seminar Kesejarahan Sriwijaya dan Poros Maritim di Hotel Aryaduta, Palembang, Selasa (7/8).

Palembang, BP
Direktur Utama TVRI Helmi Yahya mengusulkan agar sejarah Kerajaan Sriwijaya di tampilkan dalam tehnologi Audio Visual seperti yang dilakukan negara Roma dengan mengembangkan tehnologi ini dalam menghidupkan kembali gambaran masa lalu kejayaan kerajaan Romawi.
Untuk itu Hemi mengajak masyarakat Palembang agar jangan alergi dengan perbedaan jangan dinilai ada perspektif yang berbeda , hal ini membuat Sumsel tidak maju dan Kerajaan Sriwijaya tidak bisa diungkap.
“ Roma sudah memulai dengan tehnologi audio visual, sedangkan kita masih berdiskusi,” kata Helmi menjadi nara sumber dalam Seminar Kesejarahan Sriwijaya dan Poros Maritim di Hotel Aryaduta, Palembang, Selasa (7/8).
Film menurutnya adalah karya fiksi, kalau fakta sejarah diungkap apa adanya itu film documenter dan biasanya documenter tidak menarik untuk di tonton orang dan biasanya diselipkan drama agar menarik.
“Seperti Film Titanic, bangkainya masih ada di dasar lautan tapi James Cameron membuat itu menjadi karya fiksi base on fakta sejarah. Bagaimana kita membuat dokumen sejarah tapi disajikan dengan tehnologi audio visual karena sudah sangat memungkinkan, bapak tahu kenapa museum kehilangan pengunjungnya, tidak menarin, kadang kadang narasinya pun tidak lengkap menerangkan apa, kta mau fakta sejarah itu hidup, karena kita hidup di alam milenial, anak-anak kita tidak lagi baca koran nonton TV melalui gadget, anak kita tidak bisa hidup tanpa internet,” kata Helmi sembari mengatakan tehnologi audio visual sudah pernah dia tampilkan saat opening Sea Games 2011 lalu.
Karena itu Helmi mengingatkan, kalau saat ini dunia yang dihadapi adalah dunia audio visual, seperti tehnologi yang ditampilkan di Film Star Trex , semua tehnologi sudah terjadi hingga kini.
Helmi memastikan tetap berkomitmen kalau TVRI akan selalu mengangkat sejarah dan budaya daerah dan dirinya dan TVRI membuka diri bagi semua pihak untuk berkerjasama dalam membuat karya-karya yang bagus.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Peran DKSS Tidak Kalah Dengan KONI

Palembang,BP Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) Raden H Syahril Erwin, SE (Yaya) menilai peran DKSS di Sumsel tidak kalah ...