Home / Palembang / Serikat Pekerja PLN Gelar Rakernas di Palembang

Serikat Pekerja PLN Gelar Rakernas di Palembang

IST
RAKERNAS-Serikat Pekerja atau SP PLN berfoto bersama usai menggelar Rakernas, di Ballroom Hotel Aston Palembang, Senin (6/8).

Palembang, BP — Serikat Pekerja atau SP PLN menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), di Ballroom Hotel Aston Palembang, Senin (6/8). Agenda rutin setiap tahun tersebut dihadiri oleh perwakilan Pengurus DPP, DPC dan DPC SP PLN, Manajemen PLN KITSBS, Dewan Pimpinan Nasional Relawan Kesehatan Indonesia, Korwil SBSI Sumsel dan BPPH Pemuda Pancasila Sumsel.

Pembukaan Rakernas SP PLN 2018 ini dipandu langsung oleh Dinda Alifa Ayudita yang merupakan Bujang Gadis Palembang (BGP) 2018. Sebelum menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars PLN, acara ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an Surat Al Isra : 80-84 dan Surat Al Fath ayat 1-4.

Ketua Umum SP PLN H Adri yang memberikan sambutan mengatakan, konsistensi dalam memperjuangkan eksistensi PLN dan yang paling tidak disukai adalah menggunting dalam lipatan. Kemudian menjadikan peramalan dalam Q.S Al-Isra 80-84 dan Q.S. Al Fath 1-4 adalah modal dan doa dalam perjuangan SP PLN.

Baca:  PT PLN Lakukan Bakti Penyulang Sambut Puasa

“Perjuangan terbesar SP PLN menolak Privatisasi PLN sejak 2002. Kemenangan di tahun 2016, dengan segala pengorbanan dan kesulitan yang dihadapi,” ujar dia.

Dalam Rakernas SP PLN 2018, sambung dia, disampaikan pernyataan sikap terkait kondisi terkini, baik di internal maupun eksternal perusahaan. Pertama, penolakan SP PLN terhadap Rencana Pemerintah untuk Membatalkan Domestic Market Obligation (DMO) Batubara.

“Yang kedua tuntutan SP PLN agar putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor 111/PUU-XIII/2015 tanggal 14 Desember 2016 untuk segera dilaksanakan dengan menghentikan praktik unbundling,” tambahnya.

Ketiga, kata dia, penolakan SP PLN terhadap segala bentuk tindakan union busting yang terjadi di lingkungan PT PLN (Persero). Lalu, keempat menyatakan dukungan SP PLN terhadap rencana Program Strategic Partner (PSP) dengan Anak Perusahaan, tapi menolak Program Strategic Partner (PSP) oleh Perusahaan Swasta/Asing.

Baca:  Diduga Menipu, PLN Ranting Muara Beliti Dilaporkan Warga Lima Desa

Ia melanjutkan, kelima menyatakan dukungan SP PLN terhadap hasil kesepakatan Tim LKS Bipartit PT PLN tingkat pusat. Dan terakhir, komitmen dukungan dan partisipasi aktif dalam mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 di dua kota, Jakarta dan Palembang.

“Harapan dalam Rakernas SP PLN tahun ini agar dapat menghasilkan keputusan dan gagasan untuk menentukan langkah positif SP PLN kedepan,” tuturnya.

Dalam sambutan Ketua Panitia Penyelenggara Salman mengucapkan selamat datang kepada Peserta Rakernas SP PLN, acara yang dipusatkan di Kota Palembang ini akan dimeriahkan dalam Pembukaan oleh Hiburan Sanggar Tari dan Merayakan Peringatan Hari Uang Tahun (HUT) SP PLN yang ke-19.

“Acara puncak Pembukaan Rakernas SP PLN 2018 adalah Pelantikan Pengurus DPD dan DPC SP PLN Pembangkitan Sumbagsel 2018-2022, serta pemotongan Tumpeng sebagai peringatan ke-19 tahun usia perjuangan SP PLN,” tambahnya.

Baca:  Sekarang Bisa Mencas HP di Mana Saja

Di tempat sama, Manajemen PLN yang mensupport Asian Games di Palembang, serta mengharapkan SP PLN tetap konsisten memperjuangkan eksistensi PLN dari ancaman Un-Bundling, serta mengingatkan agar jangan ada pekerja PLN yang menggunting dalam lipatan seperti yang dilakukan oleh oknum pekerja PLN di Jakarta.

Sementara itu, Rekan Indonesia Agung Nugroho menuturkan, konsistensi perjuangan SP PLN dalam melawan Unbundling/Privatisasi, serta SP PLN konsisten mengawal pernanan dan fungsi BPJS di Mahkamah Konstitusi.

“Kondisi BPJS dalam keadaan sangat memprihatinkan setelah lebih dari Rp7,3 triliun asset diinvestasikan pada infrasutruktur. Perjuangan SP PLN memberikan manfaat bukan hanya untuk PLN, namun untuk semua elemen bangsa,” ungkap dia.

Terpisah, Korwil SBSI Provinsi Sumsel Ramli menyampaikan, bahwa hubungan serikat antara SP PLN dengan selama ini berjalan sudah baik dan SBSI siap berjuang bersama dengan SP PLN.

“Kita selalu menjalin hubungan baik antara SP PLN. Pastinya kita, kapan pun akan siap juga untuk berjuang bersama SP PLN,” pungkasnya. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Air Valve PDAM Dicuri, 5.000 Pelanggan Terganggu

Palembang, BP — Air Valve milik PDAM Tirta Musi Palembang yang terletak di Jalan P.S.I Lautan Simpang Kebon Kelurahan 32 ...