Home / Palembang / Pedagang Batu Akik Minta ke Jalan Produksim

Pedagang Batu Akik Minta ke Jalan Produksim

Palembang, BP — Lantaran halaman eks Bioskop Cineplek digunakan sebagai kantong parkir Sudirman, pedagang Batu Akik yang biasa berjualan di kawasan itu meminta dipindahkan ke salah satu gedung milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tak jauh dari tempat sebelumnya.
Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mastofa mengatakan, Pemerintah Kota Palembang telah melakukan mediasi kepada pedagang dan pengerajin batu akik untuk dipindahkan. Pihaknya memiliki solusi relokasi pedagang yakni di Pasar Soak Bato.  Hanya saja pedagang meminta di gedung milik Pemprov Sumsel di jalan Produksim, Lorong Mawar.
“Semua setuju dengan tawaran itu dan mereka menginginkan untuk ditempatkan di gedung tersebut. Namun, mengingat tempat tersebut milik Pemprov Sumsel artinya saya harus meminta izin dulu ke Gubernur Sumse, akan segera kita surati,” katanya usaimeninjau Pasar Batu Akik, Senin (6/8).
Harobin mengatakan, dalam waktu empat hari kedepan diharapkan persoalan tersebut telah selesai sehingga kanting parkir pun cepat selesai dan digunakan. Setelah mendapatkan izin dari provinsi, maka pedagang disilakan melakukan aktivitas berjualan seperti biasa di tempat barunya.
“Apabila tidak diizinkan dan takut mengganggu kegiatan aktivitas perkantoran, maka kita akan memindahkanya ke pasar Soak Bato,” katanya.
Sementara mengenai keluhan pedagang mengenai kemungkinan tidak adanya pengunjung di lokasi barunya nanti, Harobin menilai, kalau pedagang harus kompak untuk pindah semua ke tempat baru. Sebab bila semua pedagang batu akik pindah ke sana, menurutnya, secara otomatis para pecinta batu akik akan tempat tersebut dengan sendirinya.
“Intinya Pemkot tidak akan menelantarkan mereka, kita usahakan mereka tetap berdagang. Mengenai kapan mereka pindah, akan direncanakan pada pekan ini juga dan tempat mereka yang lama akan segera dibersihkan oleh anggota Satpol PP,” jelasnya.
Sementara itu, salah satu pedagang batu akik yang akrab disapa Yusuf mengatakan, bahwa dari hasil mediasi yang dilakukan secara bersama ini pihaknya menyetujui dua lokasi alternatif pemindahan Sentra Batu Akik tersebut.
“Tadi ditawarkan tempat dua alternatif yaitu Pasar Soak Bato dan gedung milik pemprov di Jalan Produksim. Intinya kami menerima kebijakan yang dilakukan pemkot,” ujarnya. #pit
Baca:  Dukung South Sumatera Gemstone Festival 2015
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Serikat Pekerja PLN Gelar Rakernas di Palembang

Palembang, BP — Serikat Pekerja atau SP PLN menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), di Ballroom Hotel Aston Palembang, Senin (6/8). Agenda ...