Home / Palembang / Makanan Khas Palembang Wajib Distikerisasi BPOM

Makanan Khas Palembang Wajib Distikerisasi BPOM

Stikerisasi BPOM di Wyndam OPI Hotel Palembang, Senin (6/8).

Palembang, BP — Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatera Selatan (Sumsel) gencar melakukan pembinaan dan stikerisasi terutama makanan khas Sumsel dan 11 hotel tempat menginal official Asian Games.

 

 

Kepala BBPOM Sumsel, Dewi Prawitasari mengatakan, ditargetkan minggu depan atau sebelum 17 Agustus BBPOM menyelesaikan pembinaan dan stikerisasi layak pangan terhadap hotel, restoran, cafe, sentra pempek, pusat oleh-oleh dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Baca:  Harnojoyo , Resmi Jabat Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palembang

 

 

“Ada 150 pelaku UMKM pempek dan kemplang sudah dilakukan pembinaan, pengambilan sample dan hasilnya pada umumnya tidak mengandung bahan berbahaya,” katanya, Senin (6/8).

 

 

Dewi mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan stikerisasi layak pangan dianataranya Culinary Night Lorong Basah 81 pedagang, di sentra pempek 26 Ilir ada 22, dan 11 hotel serta restoran yang sudah dilakukan pembinaan dan telah distrikerisasi ada 21.

 

 

“Terutama yang menunya adalah makanan unggulan Sumsel dan Palembang. Kita akan stikerisasi resto lain yang menyuguhkan pangan khas Palembang,” jelasnya.

Baca:  Panwaslu Kota Palembang Bentuk Pengawas Lapangan

 

 

Menurutnya, pihaknya saat ini gencar melakukan stikerisasi kepada 11 hotel terutama yang telah bekerja sama dengan Inasgoc. “Sebab, official Asian Games menginap di 11 hotel ini, bukan berarti hotel lain tidak diperiksa, kami terus menerus akan melakukan pengawasan pangan di hotel terutama itu pangan yang sudah diolah dan pangan siap saji,” terangnya.

 

 

Dikatakannya, pihaknya sebelumnya sudah ada pertemuan dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel dan melakukan pembinaan hotel-hotel. Diberikan pemahaman mana yang harus dilakukan, pembinaan dan pengawasan langsung. Jadi pihak hotel tahu persis makanan mana yang sudah layak disajikan dan tidak layak saji.

Baca:  KPU Kota Palembang Tetapkan DPS 1.099.195 Pilwako Palembang

 

 

“Kita ingin makanan yang disajikan ke masyarakat baik hotel dan resto aman dikonsumsi mulai dari bahan baku. Diharapkan semua ingat bahwa pangan yang aman adalah yang bebas dari bahaya biologis, bebas dari bahan kimia, bebas dari bahaya fisik seperti rambut, kecoak, kerikil, steples dan lainnya,” jelasnya. #pit

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pedagang Batu Akik Minta ke Jalan Produksim

Palembang, BP — Lantaran halaman eks Bioskop Cineplek digunakan sebagai kantong parkir Sudirman, pedagang Batu Akik yang biasa berjualan di kawasan ...